PERBEDAAN PENGETAHUAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI SETELAH DIBERI PENDIDIKAN DENGAN METODE CERAMAH TANPA MEDIA DAN CERAMAH DENGAN MEDIA BUKU CERITA

Azizah Nur Rohim, Siti Zulaekah, Yuli Kusumawati

Abstract

Anemia gizi rentan terjadi pada remaja putri. Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangannya dengan pendidikan gizi. Metode ceramah merupakan cara paling mudah dalam pendidikan, dapat dilakukan dengan ataupun tanpa media. Buku cerita dipilih sebagai media untuk melihat perbedaan peningkatan pengetahuan dalam metode ceramah dengan media dan tanpa media. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan anemia dengan metode ceramah tanpa media dan ceramah menggunakan buku cerita. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan terhadap 75 sampel. Pengetahuan dinilai dari hasil pretest dan posttest. Buku cerita diberikan pada kelompok eksperimen dan diberikan ceramah sebelum posttest. Kelompok kontrol diberikan ceramah tanpa media sebelum posttest. Kelompok daya terima sebanyak 32 sampel dan menggunakan rancangan posttest only design, kuesioner daya terima diberikan sehari setelah buku cerita dibagikan. Terdapat perbedaan yang bermakna pengetahuan anemia sebelum dan sesudah diberikan pendidikan baik pada kelompok eksperimen (p= 0,000) maupun pada kelompok kontrol (p= 0,000). Terdapat perbedaan yang bermakna tingkat pengetahuan anemia pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p=0,000). Pendidikan metode ceramah dengan buku cerita memberikan hasil yang lebih baik 11,49 lebih tinggi dibandingkan dengan ceramah tanpa media. Pendidikan gizi menggunakan media buku cerita dapat meningkatkan pengetahuan gizi pada remaja putri dan terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kontrol setelah intervensi dilakukan.

Keywords

Buku Cerita, Pendidikan Gizi, Remaja, Anemia, Pengetahuan

Full Text:

PDF

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.