Pengaruh Pendidikan Media Flashcard terhadap Pengetahuan Anak tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta

Nisaul Maslakah(1*), Zulia Setiyaningrum(2)

(1) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Berdasarkan hasil survei pendahuluan yang telah dilakukan di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta menunjukkan bahwa 70,1% siswa memiliki pengetahuan gizi seimbang yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan media flashcard terhadap pengetahuan anak tentang pedoman umum gizi seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Penelitian yang digunakan adalah quasi  experiment design dengan rancangan Non Randomized Control Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian masing-masing 31 siswa sebagai kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner Pedoman Umum Gizi Seimbang dengan 25 item pertanyaan. Media yang digunakan adalah flashcard. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan pendidikan dengan media  flashcard terhadap pengetahuan anak tentang pedoman umum gizi seimbang. Hasil uji perbedaan (uji Man Whitney U ) menunjukan nilai p=0.000 yang artinya ada perbedaan pengetahuan Pedoman Umum Gizi Seimbang pada kelompok perlakuan yang diberikan media flashcard dengan kelompok kontrol.

Keywords

Media flashcard; pedoman umum gizi seimbang; pengetahuan gizi.

Full Text:

PDF

References

Achadi, E., Pujonarti SA., Sudiarti T., Rahmawati, Kusharisupeni, Mardatillah, Putra W.K., 2010, Sekolah Dasar Pintu Masuk Perbaikan Pengetahun, Sikap, dan Prilaku Gizi Seimbang Masyarakat, Jurnal kesehatan Masyarakat Nasional, 5(1) : 42-48.

Anggarawati, A., Kristiantari, R., Asri, AS., 2014,Pengaruh Make a match Berbantuan Media Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPS SD, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2(1) : 1-4.

Azabdaftri, B., Mohammad A.M., 2012, Comparing Vocabulary Learnig of EFL learners by using to different strategies: Mobile learning vs. Flashcard, The Eurocall. 2(2).

Choi, E.-S., Shin, N.-R., Jung, E.-I., Park, H.-R., Lee, H.-M., dan Song, K.-H., 2008, A study on nutrition knowledge and dietary behavior of elementary school children in Seoul. Nutrition Research and Practice, 2(4), 308–316. http://doi.org/10.4162/nrp.2008.2.4.308

Contento I., 2010, Nutrition Education second edition, Jones and Bartelett Publisers, Sudbury United States.

Departemen Kesehatan RI., 2005, Pedoman Perbaikan Gizi Anak Sekolah Dasar, dan Madrasah Ibtidaiyah, Direktorat Gizi Masyarakat, Jakarta.

Eliana D. dan Sholikah., 2012, Pengaruh Buku Saku Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Gizi Pada Anak Kelas 5 Muhammadiyah Dadapan Desa Wonokerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta, Jurnal KESMAS UAD, 6(2) : 62-232.

Glover P., Thomas M., Derby K.M., Gower J., 2010, Using a Direct Instruction Flashcard System with Two Students with Learning Disabilities, Electronic Journal of Research in Educational Psychology. 8(2) : 457-472.

Jukes M.C.H., Drake L.J., Bundy D.A.P., 2008, School Health, Nutrition and Education for All, CABI Publishing International, Oxsfordshire UK.

Kementerian Kesehatan., 2014, Peraturan Menetri Kesehatan Tentang Pedoman Gizi Seimbang,1-96, Jakarta.

Maghfiroh, L., 2013, Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Jurnal PGSD UNESA. 1 (2) : 0-126.

Maharibe CC., Kawengian SE., Bolang AL., 2014, Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Jurnal e-Biomedik. 2(1) : 1-9.

Muzzaki, M.S., Antonius, T.W., Raharjo, T.J., 2012, Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Inovative Journal of Curiculum and Educational Technology. 1 (2).

Notoatmodjo, S., 2011,Promosi kesehatan dan Ilmu perilaku.Rienka Cipta, Jakarta.

Phalevi, AS., 2012, Determinan Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Kesehatan Masyarakat. 7(2) : 122-126.

Puspitasari YA, Triyono, Joharman., 2013, Upaya Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Penggunaan Media Flashcard pada Siswa Kelas V SDN 2 Sempor Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen. 6 (5).

Satriana, A., 2013, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1 sampai 5 Melalui Media Flashcard bagi Siswa Tunagrahita Sedang, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.1(2) : 13-26.

Sulastri, K., Purna, I.N., Suyasa., I.N., 2014, Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Anak Sekolah tentang Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II, Jurnal Kesehatan Lingkungan. 4(1) : 99-106.

Supariasa, I.D.N., 2002, Pendidikan dan Konsultasi Gizi, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Wawan, A., Dewi., 2010, Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia, Nuha Medika, Yogyakarta.

Wong, Donna L., 2008, Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6, EGC, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 3245 time(s)
PDF: 2896 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.