KEYAKINAN PERILAKU DAN SIKAP TERHADAP VCT PADA LSL DI SUKOHARJO

CAHYO NUGROHO, Tanjung Anitasari Indah Kusumaningrum

DOI: https://doi.org/10.23917/jk.v12i2.9766

Abstract

Pada tahun 2017 LSL merupakan kelompok risiko HIV tertinggi di Kabupaten Sukoharjo. VCT merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan perilaku, dan sikap pada pemanfaatan Klinik VCT pada LSL di Sukoharjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam kepada lima LSL yang pernah melakukan VCT dan dua informan triangulasi terdiri dari satu PE (Peer Educator) dan satu KL (Koordinator Lapangan) yang diambil dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh LSL sudah pernah melakukan VCT namun hanya 4 LSL yang melakukannya secara rutin. Faktor-faktor yang mempengaruhi LSL dalam melakukan VCT secara rutin setiap 3 bulan adalah keyakinan perilaku dan sikap. Namun faktor yang mendasari dalam melakukan VCT adalah keyakinan perilaku bahwa VCT memiliki keuntungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kerugiannya. Sehingga peneliti menyarankan kepada petugas penanggulangan HIV/AIDS untuk meningkatkan jangkauan kepada LSL yang masih hidden agar VCT secara rutin setiap 3 bulan sekali.

Keywords

HIV/AIDS; LSL; VCT

Full Text:

PDF

References

Alemie & Balcha. (2012). VCT Clinic, HIV Burden and its Link with HIV Care Clinic at The University Of Gondar Hospital. Journal of BMC Public Health, Vol. 12.

David S.G. (1997). Handbook of Health Behavior Research. New York: Plenum Press,

Dirjen P2PL Kemenkes RI. (2012). Buku Pedoman Penghapusan Stigma & Diskriminasi Bagi Pengelola Program, Petugas Layanan Kesehatan dan Kader.

Fatmala. (2016). Faktor Predisposing, Enabling, dan Reinforcing dalam Pemanfaatan VCT oleh Laki-Laki Seks dengan Laki-Laki (LSL). Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(1):138-150

Friedman, H. S & Schustack, M. W. (2006). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga

Heri D.J.M. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Kementerian Kesehatan RI. (2005). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1507/MENKES/SK/X/2005 Tentang Pedoman Pelayanan Konseling dan Testing HIV/AIDS Secara Sukarela (Voluntary Counseling and Testing). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Perkembangan HIV-AIDS & Infeksi Menular Seksual (IMS) Triwulan IV Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sukoharjo. (2017). Data Penemuan Kasus Baru HIV Bulan Januari-Oktober Tahun 2017. Sukoharjo: Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sukoharjo.

Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Tengah. (2015). Strategi dan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan HIV dan AIDS. Semarang: Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Jawa Tengah.

Maulida, M. R. (2018). Hubungan Penjangkauan Dan Stigma Dengan Keikutsertaan VCT Pada Kelompok Risiko LSL. Jurnal Ilmiah Permas Jurnal STIKES Kendal Volume 8 No 1, Hal 6-12, April 2018. Kendal: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.

Mujiati & Pradono. (2014). Faktor Persepsi dan Sikap dalam Pemanfaatan Layanan Voluntary Counseling and Testing (VCT) oleh Kelompok Berisiko HIV/AIDS di Kota Bandung Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 5(1), 49-57

SPEKHAM. (2017). Data Jumlah VCT LSL Tahun 2014 dan 2015. Sukoharjo: LSM. Solidaritas Perempuan Untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia.

Surveilans Terpadu Biologis dan Perilaku. (2007). Surveilans Terpadu Biologis dan Perilaku Pada Kelompok Berisiko Tinggi di Indonesia. Jakarta: STBP.

Surveilans Terpadu Biologis dan Perilaku. (2011). Surveilans Terpadu Biologis dan Perilaku Pada Kelompok Berisiko Tinggi di Indonesia: Lembar Fakta Ringkasan Eksekutif. Jakarta: STBP.

Article Metrics

Abstract view(s): 225 time(s)
PDF: 123 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.