IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UHAMKA JAKARTA

Nani Solihati

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v23i1.4316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi mahasiswa, dan bagaimana caranya mengaplikasikan metode ini dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi mahasiswa. Penelitian yang terfokus pada aplikasi quantum teaching dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi ini dilaksanakan dalam tiga siklus selama enam belas kali dan sudah diaplikasikan kepada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data merupakan beberapa tes (pretest dan postes), non tes (quesioner), observasi dan wawancara. Data-data tersebut dianalisis secara kuatitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat efek positif dari aplikasi metode quantum teaching dalam kemampuan menulis puisi mahasiswa.

Kata Kunci: Quantum teaching, kemampuan menulis puisi, penelitian tindakan kelas.

Full Text:

PDF

References

Porter, Bobbi De & Mark Reardon, & Sarah Singer Nourie, 2003. Quantum Teaching. Bandung:Kaifa.

____________ & Mike Hernacki, 2003. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

_____________,1999.Quantum teaching: Orchestrating Student Succes, Boston: Allyn

and Bacon.

Pradopo, Rahmat Djoko, 1998. Pengkajian Puisi.Gajah Mada University Press.

Rieken, Elizabeth. 1993. Teaching Language In Context. Boston : Heinle & Heinle.

Situmorang, 1997. Puisi: Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur. Nusa Indah: Medan.

Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 79 time(s)
PDF: 41 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.