PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR MEMBACA MENULIS PERMULAAN DENGAN PENDEKATAN ATRAKTIF DI SEKOLAH DASAR KAWASAN MISKIN KOTA SURAKARTA
Andayani Andayani(1*)(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyusun produk awal berbentuk bahan ajar membaca
menulis permulaan dengan pendekatan atraktif yang tepat untuk diterapkan di
SD kawasan miskin Kota Surakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
metode research and development (R&D) dan mendapatkan hasil bahwa pada tahap
eksplorasi ditemukan kebutuhan bahan ajar yang menarik untuk diterapkan di
SD-SD kawasan miskin Kota Surakarta, sehingga dikembangkan bahan ajar dengan
pendekatan atraktif. Proses pengembangan dilaksanakan melalui observasi,
wawancara, dan lokakarya. Berdasarkan hasil uji keefektifan ditemukan bahwa
bahan ajar dengan pendekatan atraktif dapat digunakan untuk meningkatkan
kompetensi membaca menulis permulaan secara efektif dan berterima.
Kata Kunci: membaca-menulis permulaan, atraktif, kawasan miskin
Full Text:
PDFReferences
Andayani. 2009. “Studi Teraputik Pembelajaran MMP di SD Kawasan Miskin Kota Surakarta” (Hasil Penelitian Hibah Bersaing). Jurnal Bahasa dan Sastra. Tahun 17.No.1. h. 46-71.
______ & Martono. 2006. “Studi Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan di SD Kelas Permulaan”.Jurnal Pendidikan. (Terakreditasi Nasional dengan SK 035a/DIKTI tahun 2004) Jilid 6. No.1.h.13-24.
Angelo, T. & Cross, P. 2003. “Improving Teaching through Classroom Research”. Essays on Teaching Excellence Education Journal. Vol. 14, no. 7. pp.122-123.
Anita Lie. 2005. Kurikulum Bahasa, MMP, dan Implementasinya. (Makalah) Disajikan dalam Konferensi Internasional Bahasa KesuMMPan HISKI di Palembang, 18-21
Agustus.
Azis Joeslina. 2005. Pengembangan Materi Awal dan Pemahaman Wacana Secara Atraktif. (Makalah DIKLAT Calon Instruktur Guru Sekolah Dasar). Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Barlas, Lisa, Campbell, Ann & Weeks, Heidi. 2005. “How to Attractive Teaching and Strategies Affect Learners”. American Journal of Educations. Vol.113.No.12. pp.67-69.
Blatcford, Patric. 2006. “Taxonomy of Education in Modern Education”. British Educational
Journal. XIII-1.p.17.
Cunningsworth, Alan. 1995. Choosing Your Coursebook. Great Britain: The Bath Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Balitbang.
——— 2007. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Pengembangan Kurikulum Balitbang.
Djojosuroto, Kinayati. 2006. “Prinsip-prinsip Membaca Pemahaman”. Kajian Linguistik dan Sastra.Vol.18 (No.34). pp. 67-78.
Ebel,Connie C. 2001. The Art of Writing for Children, Skills and Techniques of The Craft. New York:Longman.
Gall,D.Meredith. Joyce P Gall & Walter R.Borg. 2003. Educatianal Research an Introduction. New York:Pearson Publishing.
Jefree, Dorothy & Hewson, Simon. 2005. Let Me Play. Tokyo: Mc-Graw Hill Kogakusha Ltd.
Kailin, RD. 2005. Children’s Ability and Invitation to the World. New York:Pearson Pub-lishing.
Locke, Lawrence F, Wareen W. Spirduso & Stephen J. Silverman. 2005. Proposals That Work A Guide for Planning Dissertation and Grant Porposals. London: Sage Publishers.
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2005. “Teori Tata Bahasa Universal”. Kajian Linguistik dan Sastra, Vol.17 (No.33). pp. 109-122.
Reeder, Shelby. 2006.”Making Attarctive Approach in Learning” . American Education Journal. Winter Vol. 43.No. 14.pp.91-111.
Richards, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Rubin, Herbert J. & Rubin, Irene S. 2005. Qualitative Interviewing The Arts of Hearing Data. London: Sage Publications.
Rudduck, Jean & Hopkins, David. 1999.. Research as a Basic for Teaching. Oxford: Porsmouth Publications.
Zuber Skeritt Ortun. 2004. New Directions in Research. London: Falmer Press.
Article Metrics
Abstract view(s): 1362 time(s)PDF: 743 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.