JENIS DAN TEMA TEKS DALAM BUKU SISWA BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMI SMA KELAS X SERTA RELEVANSINYA DENGAN KOMPE- TENSI KURIKULUM 2013

Aziza Riangsari, Main Sufanti

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v27i1.4945

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA kelas X, (2) tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA kelas X, (3) relevansi jenis teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA kelas X dengan Kurikulum 2013, dan (4) relevansi tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA kelas X dengan Kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang terdapat dalam buku siswa. Kemudian, sumber data penelitian ini adalah buku siswa berjudul Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi, untuk SMA Kelas X edisi Revisi 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik simak- catat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pembacaan semiotik dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini antara lain: (1) ditemukan 9 jenis teks yaitu, teks laporan, teks laporan informatif, teks puisi, teks pantun, teks perintah/instruksi, teks panduan, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks negosiasi, (2) ditemukan 6 tema teks yaitu, tema alam semesta, sikap warga negara yang baik, seni berpendapat dalam forum ekonomi dan politik, kritik sosial melalui humor, seni bernegosiasi dalam wirausaha, dan pemanfaatan teks dalam kehidupan nyata, (3) terdapat 7 jenis teks yang relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, jenis teks laporan, teks laporan informatif, teks panduan, teks perintah, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks negosiasi. Kemudian ada 2 jenis teks yang tidak relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, jenis teks puisi dan teks pantun. (4) Ditemukan enam tema teks dalam buku siswa Bahasa Indonesia kelas X yang seluruhnya dinyatakan relevan dengan Kurikulum 2013 yaitu, tema alam semesta, sikap warga negara yang baik, seni berpendapat dalam forum ekonomi dan politik, kritik sosial melalui humor, seni bernegosiasi dalam wirausaha, dan pemanfaatan teks dalam kehidupan nyata.

 

 

Kata kunci: jenis teks, tema teks, buku siswa, Kurikulum 2013

References

Imran, Syaiful. 2014. “Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Penggunaan Buku Teks Pelajaran dalam

Pembelajaran”. http://ilmu-pendidikan.net/. Diakses tanggal 8 April 2015.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademi SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rohmah, Akmalinda. 2014. “Teks, Struktur Teks dan Jenis Teks”. https://akmalindarohmah. wordpress.com/. Diakses tanggal 5 Desember 2014.

Sabur, Muh. Ilmi Ikhsan. 2014. “X.1 SMANSA-Edukasi Tak Boleh Dibatasi”. http://smansax1- edu.com. Diakses pada tanggal 9 Juli 2015.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sufanti, Main. 2015. “Penyisipan Pembelajaran Teks Sastra dalam Pembelajaran Teks Nonsastra dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA”, dalam Makalah Seminar Nasional: Sastra, Pendidikan Karakter dan Industri Kreatif. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://publikasiums.com

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam

Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.