NILAI PROFETIK DAN PENDIDIKAN ISLAM HUMANISTIK DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA KARYA HANUM SALSABIELA DAN RANGGAALMAHENDRA: KAJIAN SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Ferdiansyah Ferdiansyah

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v2i1.5352

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosial budaya pengarang Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, (2) mendeskripsikan struktur dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropakarya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra, (3) mendeskripsikan nilai profetik dan pendidikan Islam humanistik dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropakarya Hanum Salsabiela dan Rangga Almahendra (4) mendeskripsikan relevansi nilai profetik dan pendidikan Islam humanistik dengan relevansi dalam pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode dialektik, dengan model semiotik dan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah nilai profetik dan pendidikan Islam humanistik menghasilkan (1) pendidikan dan humanum, (b) pendidikan dan humanitas, (3) pendidikan dan humaniora, dan misi profetik nya(1) Amar ma’ruf (humanisasi), (2) Nahi munkar (liberasi) (3) Tu’minuna billah (transendensi). Relevansinya nilai profetik dan   pendidikan Islam humanistik dengan pembelajaran sastra Indonesia di SMA dapat dilihat dari standar kompetensi yang telah ditetapkan berupa sikap (attitude) sama dengan pendidikan dan humanitas, keterampilan (skill) sama dengan pendidikan dan humaniora, dan pengetahuan (knowledge) sama dengan pendidikan humanum.

 

Kata Kunci: Nilai profetik, pendidikan Islam humanistik, novel 99 cahaya di langit Eropa, kajian semiotik, relevansi pembelajaran sastra Indonesia di SMA.

Full Text:

PDF

References

Al-Ma’ruf, A.I. (2010). Kajian Stilistika Perspektif Holistik. Solo: UNS Press.

. (2010). Dimensi Sosial Keagamaan Dalam Fiksi Indonesia Modern. Solo: Smart

Media.

Fahruddin, M. (2008). Konsep Pendidikan Humanis dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta:

UNY. (21 November 2013).

Salsabiela, A. (2013). 99 Cahaya di Langit Eropa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Kuntowijoyo. (2006). Islam sebagai Imu; Epistemologi, Metodologi dan Etika. Yogyakarta:

Tiara Wacana.

Kuntowijoyo, “Menuju Ilmu Sosial Profetik”, Republika (19 Agustus 1996)

Rahmanto, B. (2004). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, N.K. (2004). Teori, Metode, dan TeknikPenelitian Sastra.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sayuti, (2002). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Teew, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.