ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN CERITA FABEL OLEH SISWA KELAS VIII E DI SMP 2 MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Agustina Putri Reistanti

DOI: https://doi.org/10.23917/kls.v2i2.6735

Abstract

Penelitian ini mengenai kesalahan berbahasa pada pembuatan karangan cerita fabel oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini  memiliki  empat    tujuan.  (1)  Mengidentifikasi  tipe-tipe  kesalahan  pada karangan cerita fabel dibuat oleh siswa kelas VIII E SMP 2 Muhammadiyah Surakarta, (2) Mendeskripsikan frekuensi tipe kesalahan pada karangan cerita fabel  dibuat  oleh  siswa  kelas  VIII  E  SMP  2  Muhammadiyah  Surakarta,  (3) Memaparkan kesalahan yang paling dominan dalam menulis cerita fabel oleh siswa  kelas  VIII  E  SMP  2  Muhammadiyah  Surakarta,  dan  (4)  Memaparkan sumber  kesalahan  berbahasa  yang  dilakukan  oleh  siswa  kelas  VIII  E  SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam  penelitian  ini  berupa  kalimat  yang  mengandung  kesalahan  berbahasa yang dikumpulkan dari karangan cerita fabel yang dibuat oleh siswa. Penelitian inimenggunakananalisiskesalahansebagaikerangkametodologis.Berdasarkan penelitian terlihat bahwa kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa kelas VIII  E  SMP  Muhammadiyah  2  Surakarta  dalam  pembuatan  karangan  cerita fabel terdapat 57 kesalahan. Hasil penelitian ini penulis menemukan dari 57 data, ada tiga tipe kesalahan. Kesalahan berbahasa tersebut meliputi kesalahan bidang fonologi 33,33%, kesalahan bidang morfologi 14,03%, dan kesalahan bidang sintaksis 52,63%. Tipe kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan sintaksis  terdapat   30  kesalahan  atau  52,63%  dari  kesalahan.  Peneliti  juga menemukan 2 dominan sumber kesalahan berbahasa yaitu transfer interlingual dan transfer intralingual.

 

Kata Kunci: kesalahan berbahasa, cerita fabel, tipe kesalahan.

References

Fauziati, Endang. (2009). Readings On Applied Linguistics: A Handbook for Language

Teacher and Teacher Researcher.Surakarta: Era Pustaka

Markhamah; Atiqa Sabardila. (2011).Analisis Kesalahan & Karekteristik Bentuk Pasif.

Solo:Jagat Abjad.

Tarigan, Henri Guntur.(1990). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Duta Wacana

University Perss

Article Metrics

Abstract view(s): 397 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 370 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.