Hubungan Antara Kedisiplinan dan Persepsi Mahasiswa tentang PBL dengan Prestasi Belajar

Sri Wahyu Basuki, AA Subijanto, Hari Wiyoso

Abstract

Pengaruh globalisasi yang melanda Indonesia menuntut perguruan
tinggi untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam dunia
global. Dokter dituntut setidaknya memiliki kompetensi rata-rata
dokter, sebagai wujud prestasi belajar, yang sekualifikasi pada situasi
dan kondisi yang sebanding dalam melaksanakan prakteknya.
Kedisiplinan dan persepsi merupakan beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis hubungan kedisiplinan dan persepsi
mahasiswa tentang PBL dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas
Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif observasional analitik (non-experiment)
yang menjelaskan hubungan dua variabel, yaitu variabel bebas
(kedisiplinan dan persepsi mahasiswa tentang PBL) dan variabel terikat
(prestasi belajar). Penelitian ini menggunakan pendekatan cross
sectional. Jumlah mahasiswa sebagai sampel sebanyak 56 orang. Data
diperoleh melalui kuesioner, ceklist dan dokumentasi, selanjutnya datadata
yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p hasil uji analisis antara
kedisiplinan dan indek prestasi adalah 0,312 dan antara persepsi
tentang PBL dan indek prestasi adalah 0,467, keduanya lebih besar dari
0,05. Koefisien korelasi yang ditunjukkan oleh nilai r sangat lemah
walaupun arah korelasi positif. Nilai r hasil uji analisis antara
kedisiplinan dan indek prestasi adalah 0,138 dan nilai r antara persepsi
tentang PBL dan indek prestasi adalah 0,099. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa baik variabel kedisiplinan maupun
persepsi tentang PBL, masing-masing tidak menunjukkan hubungan
yang signifikan terhadap prestasi belajar. Dengan demikian juga dapat
disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang sangat lemah antara
kedisiplinan dan prestasi belajar, demikian juga antara persepsi tentang
PBL dan prestasi belajar.

Keywords

anak malnutrisi; karakteristik anak; karakteristik keluarga; Surakarta

Full Text:

PDF

References

Ahmadi dan Supriyono, 2008.Psikologi Belajar. Cetakan II. Jakarta: Rineka

Cipta.

Anwar,S., 2011, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi kedua,

Cetakan XVI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, M. 2010. Pengantar Metodelogi Penelitian untuk Ilmu

Kesehatan.Cetakan ketiga. Surakarta : Sebelas Maret University Press.

Baihaqi, Sunardi, Akhlar,R.N.R, Heryati,E. 2007. Psikiatri : Konsep Dasar dan

Gangguan-gangguan. Cetakan Kedua. Bandung: PT Refika Aditama.

Dahlan, S. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam

Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jilid satu. Jakarta: Salemba Medika.

...............2009. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Edisi keempat.

Jakarta: Salemba Medika.

Efendi, A., 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung : Alfabeta.

Harsono, 2008. Pengantar Problem Bases Learning. Cetakan ketiga. Edisi

kedua.Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Koesoema,D dan Sunardi. 2007. Pendidikan karakter. Jakarta: PT

Grasindo.

Konsil Kedokteran Indonesia, 2006. Standar Kompetensi Dokter. Edisi I.

Jakarta. Konsil Kedokteran Indonesia.

Murti, B. 2010. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan

Kualitatif di Bidang Kesehatan. Cetakan Kedua. Yokyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Riadiany, 2011. Tidak Ada Hubungan Negatif dan Signifikan antara Persepsi

terhadap Efektivitas Pengajaran di Sekolah dengan Kecemasan Siswa

Menghadapi Ujian Nasional dan Prestasi Belajar dengan Kecemasan

Siswa Menghadapi Ujian Nasional. tesis.

http://www.yai.ac.id/upi/publikasi. Diakses 4 Juni 2011

Hubungan Antara Kedisiplinan dan Persepsi Mahasiswa…. (Basuki, dkk.) 85

Saputra, F.K. 2007. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar

Siswa Kelas Xi Sma Negeri 12 Semarang, tesis, http:// binadarma.ac.id.

Diakses, 16 Mei 2012.

Sastroasmoro dan Ismael. 2008. Dasar-dasar Metodelogi Penelitian Klinis.

Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Sutrisno, Sukarianingsih, dan Dedek, 2012, Studi Model Pembelajaran

Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkankualitas Pembelajaran

Penentuan Struktur Senyawa Organik Di Jurusan Kimia FMIPA

Universitas Negeri Malang, tesis, http// Ebook Friday.com, di akses 1

Agustus 2012.

Tarmidi dan Wulandari. 2005. Prestasi Belajar Ditinjau dari Siawa terhadap

Iklim Kelas yang Mengikuti Program Percepatan Belajar.Psikologia,

volume 1. Sumatra Utara.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.