ANALISA DAMPAK FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP DEVIDEN KAS (StudiKasus di Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widoyono Widoyono, Mita Kusnendar Putri

DOI: https://doi.org/10.23917/benefit.v15i2.1347

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam penyusunan laporan kolaborasi ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable independen, yaituCurrent Ratio (CR), Return On Investment (ROI), Total Assets Turn Over (TATO), danEarning Per Share (EPS) secarabersama-sama dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variable dependennya, yaituDevidenKas (Cash Dividend). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan di Pojok Bursa Efek Indonesia yang berada di UniversitasMuhammadiyah Surakarta. Dalam hal ini yang menjadi obyekpenelitiannyaadalahsejumlahperusahaanmanufaktur yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia (BEI) selamaperiodetahun 2006sampaitahun 2008 yang dipilihberdasarkankriteriatertentu.

Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur pada Bursa Efek Indonesia yang diperoleh dari pojok BEI Universitas Muhammadiyah Surakarta.Analisa dilakukan dengan menggunakan.metodekuantitatif.Metodekuantitatifdilakukandenganmenggunakanteknikstatistikdenganmengolah data-data yang sudahadauntukmembuktikanhipotesispenelitian yang diajukansebelumnya, yaitufaktor-faktor fundamental perusahaanmanufaktur yang dijadikansampel.Dan alatanalisis yang digunakandenganmenggunakanmetoderegresi linier berganda, Uji-t Uji-F sertaKoefisienDeterminasi.

Berdasarkan hasil penelitian tentang AnalisaDampakFaktor–faktor Fundamental Perusahaan (Current Ratio, ROI, TATO dan EPS) TerhadapDevidenKaspada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)diperolehhasilbahwaCurrent ratio, return on investment, total assets turn over danearning per share secarabersama-sama mempunyaipengaruhsignifikanterhadapdevidenkaspadaperusahaanmanufaktur di Bursa Efek Indonesia. Return on investment, total assets turn over danearning per share secaraparsialmempunyaipengaruhsignifikanterhadapdevidenkaspadaperusahaanmanufaktur di Bursa Efek Indonesia, sedangkancurrent ratiotidakberpengaruhsecarasignifikanterhadapdevidenkaspadaperusahaanmanufaktur di Bursa Efek Indonesia. Return on investment merupakanfaktor yang paling dominanberpengaruhterhadapdevidenkaspadaperusahaanmanufaktur di Bursa Efek Indonesia.

Keywords

Current Ratio (CR), Return On Investment (ROI), Total Assets Turn Over (TATO), Earning Per Share (EPS)dandevidenkas

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 116 time(s)
PDF: 272 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.