Pengembangan Balance Score Card (BSC) dalam penerapan teaching Factory di politeknik atk Yogyakarta

Sofwan Siddiq Abdullah(1*), Andi Rahadiyan Wijaya(2)

(1) Program Studi Pasca Sarjana Teknik Industri Jurusan Teknik Mesin dan Industri
(2) Program Studi Pasca Sarjana Teknik Industri Jurusan Teknik Mesin dan Industri
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengukuran kinerja organisasi dengan menerapkan model  Balanced Scorecard dimana item-item kuesionernya digali dan dikembangkan dari konsep Teaching Factory yang dilaksanakan pada Politeknik ATK Yogyakarta. Pengukuran kinerja tersebut melibatkan Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Alumni dan Perusahaan (user) pengguna lulusan Politeknik ATK Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif kuantitatif  dan dengan menafsirkan hasil pengukuran menggunakan kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan analisis kebutuhan, diperlukannya sistem pengukuran kinerja yang handal, komprehensif, terukur, dan berimbang di ATK Yogyakarta, seperti pengukuran kinerja menggunakan model Balanced Scorecard yang perancangannya disesuaikan dan mengadopsi konsep Teaching Factory. (2) Ditinjau dari keempat aspek Balanced Score Card, Program Studi Teknik Pengolahan Kulit (TPK) memiliki rata-rata skor kinerja yang lebih baik dari Program Studi Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK). (3). Secara keseluruhan Program Studi TPK maupun TPPK memiliki kinerja yang masuk dalam kategori baik, sehingga  hal ini membuktikanbahwa kinerja organisasi Politeknik ATK Yogyakarta, berdasarkan 4 (empat) perspektif Balanced Scorecard dalam kondisi yang baik. (4) Hasil rata-rata skor Balanced ScorecardProgram Studi TPK dan Program Studi TPPK dibandingkan dengan data analisis 7 assessment parameter dalam implementasi Teaching Factory mendapatkan hasil akhir yang signifikan/sinergis.

Keywords

Balanced Score Card (BSC), Politeknik ATK Yogyakarta, Teaching Factory, 7 assessment parameter of Teaching Factory

Full Text:

PDF

References

Adam, H., 2005, Internalisasi Perspektif Balancedd ScorecardDalam Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi, TEMA, Volume 6, Nomor 1.

Aljardali, H., Mazen, K., Thierry, L.T., 2012, The implementation of the balancedd scorecard in lebanese publichigher education institutions, Procedia - Social and Behavioral Sciences 62 , 98 – 108.

Anonim, 2014, Teaching Industry Sebagai Konsep Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Industri, Direktorat Pembinaan SMK-GIZ SED-TVET, Jakarta.

Anonim, 2015, 7X7 Teaching Factory Matrix, ATMI_ BizDEC – GIZ – SED-TVET, Jakarta.

Anonim, 2015, Permenperin Nomor: 27/M-IND/PER/ 2/ 2015 tentang Statuta Politeknik ATK, Kemenperin, Jakarta.

Arifin, N. Z., 2014, Model Teaching Industri Politeknik Negeri Jakarta (Industry Based Vocational Education System),Http://www.Dikti.Go.Id/Id/2014/02/10/Model-Teaching-Industri-Politeknik-Negeri-Jakarta-Industry-Based-Vocational-Education-System-Ive-Pnj-System/.(on line accessed 17 Jun 2016).

Farid, D., Mehran, N., Heydar, M., 2008, Balancedd Scorecard Application in Universitiesand Higher Education Institutes: ImplementationGuide in Iranian Context, Economic and AdministrativeSeries, Nr. 2, 31-45.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hsng Chean, S., 2006,The application of balanceddscorecard in the performanceevaluation of higher education, J.Total qual manj, 18, 2.

Kaplan, R.S., and Norton, D.P., 1996, Using the balanceddscorecard as a strategicmanagement system, Harvard Business Review, Vol. 74 No. 1, pp. 75-85.

Luis, S., Birowo, P.A., 2010, Step by Step in Cascading Balancedd Scorecards to Functional Scorecards, PT Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Keempat, Jakarta.

Neely, A., Adams, C. & Crowe, P. (2001).The Performance Prism in Practice.Measuring Business Excellence, 5 (2), 6-12.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, 2003, Jakarta. http://www.dpr.go.id/id/undang-undang/2003/20/uu/Sistem-Pendidikan-Nasional(on line accessed 18 Jun 2016).

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, 2012, Jakarta. http://Www.Dpr.Go.Id/Id/Undang-Undang/2012/12/Uu/Pendidikan-Tinggi.(on line accessed 18 Jun 2016).

Pertiwi, A. P., Walesa, D., Kusuma, A.L., 2011, Balancedd ScorecardSebagai Alat Ukur Kinerja Perguruan Tinggi(IT TELKOM), Fakultas InformatikaInstitut Teknologi Telkom, Bandung.

Prabowo, H., 2007, Implementasi It Balancedd Scorecard Di Perguruan Tinggi, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, ISSN: 1907-5022.

Prasetyo, V.W.T., 2009,Balancedd Scorecard Sebagai Aplikasi Dalam Perencanaan Strategi Perguruan Tinggi, Fakultas Teknik Universitas Widya Mandala, Madiun.

Priyatno, Duwi, 2009. Aplikasi SPSS dalam Penelitian, Cetakan Kedua, Edisi Pertama, Penerbit Andi Ofset, Yogyakarta.

Priyatno, Duwi, 2012, Belajar Praktis Analisis Parametrik Dan Non Parametrik dengan SPSS, Gava Media, Yogyakarta

Rentzos L., Doukas M., Mavrikios D., Mourtzis D., Chryssolouris G., 2014,Integrating Manufacturing Education with Industrial Practice usingTeaching Factory Paradigm: A Construction Equipment Application,ScienceDirect, Procedia CIRP 17 ( 2014 ) 189 – 194.

Sekaran, Uma, 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta,

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Edisi Ketiga, Alfabeta,. Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Edisi Kedua, Alfabeta,. Bandung.

Suripto., 2009, Penerapan Balanced Scorecard Pada Lembaga Pendidikan:Pengukuran Kinerja Administrator Kampus, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol.3, No.6,

Suryaputra, S., Atty Y., 2012, Perancangan Ukuran Kinerja Pelaksanaan Strategi Berdasarkan model balancedd scorecard padaPerguruan tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Prahayangan.

Sutrisno, 2001, Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Penerbit : Ekonisia UII, Yogyakarta.

Suyanto, M., 2007, Strategic Management Global Most Admired Companies, CV. Andi Ofset, Yogyakarta.

Tangen, Stevan., 2004, “Performance measurement: from philosophy to practice”.InternationalJournalofProductivity andPerformance Management.Vol.53,No.8.

Wibisono, D., 2006, Manajemen Kinerja:Konsep, Desain, dan TeknikMeningkatkanDayaSaingPerusahaan,Erlangga,Jakarta.

Widyaswanti, E., 2010, Pengukuran Kinerja Program Srudi Teknik Industri Universitas Trunojoyo, Rekayasa, Vol 3 No 2.

Yulianto, Heppy., 2000, Mengukur Kepuasan Pelanggan,Manajemen, No 138,, Hal. 34-35.

Yuwono, S., Sukarno, E., Ichsan, M. 2006, Petunjuk Praktis Penyusunan Balancedd Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, PT Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Keempat, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 686 time(s)
PDF: 1502 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.