Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan

Deddy Prihadi(1*), Agnes Dwita Susilawati(2)

(1) Universitas Pancasakti Tegal
(2) Universitas Pancasakti Tegal
(*) Corresponding Author

Abstract

Berbagai organisasi terutama organisasi bisnis sudah banyak yang memanfaatkan teknologi internet. Menggunakan teknologi internet merupakan cara yang inovatif dalam melakukan kegiatan perusahaan untuk memasuki pasar di dunia maya yang disebut sebagai electronic commerce (e-commerce). Dengan memanfaatkan teknologi internet, pelaku bisnis dapat melakukan berbagai kegiatan usaha bisnis secara elektronik seperti misalnya transaksi bisnis, berbagi informasi dengan konsumen dan suplier untuk mempertahankan hubungan sebelum, selama dan setelah proses pembelian. Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaran pegadang. Sampel dalam penelitian ini adalah  pegadang di Pasar Pagi Kota Tegal yang berjumlah 100 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan e-commerce berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran pegadang, 2) promosi di media sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pegadang dan 3)  kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pegadang.

Keywords

E-Commerce; promosi; kinerja pemasaran

Full Text:

PDF

References

Ambrose Jagongo, Catherine Kinyua, 2013. The Social Media and Entrepreneurship Growth. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 3 No. 10 (Special Issue – May 2013).

Bernadi, J. 2013. Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech. 4(2). Hlm. 731-741.

Ferdinand, AT. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategis. Badan Penerbit Undip

Kaplan, Andreas and Michael Haenlein. 2010. Users of the world, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Kelley School of Business. Business Horizons, Vol. 53, No. 1, pp.59-68

Kwahk, K. Y., & Ge, X. (2012). The Effects of Social Media on E-Commerce: A Perspective of Social Impact Theory. 45th Hawaii International Conference on System Sciences. ISBN: 978-0-7695-4525-7/12 © 2012 IEEE DOI 10.1109/ HICSS.2012.564. Hlm. 1814-1823.

Li, H., & Hong, J. 2013. Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness. 5(4). Hlm.161-166.

Schneider, G. 2012. Electronic Commerce. Tenth Edition. Cengage Learning.

Swastha, Basu DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Tamimi, N., Sebastianelli, R. & Rajan, M. 2005. What do online customers value?. Quality Progress, vol. 38(7), pp. 35-39.

Hidayat, Taufik. 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita.

Laudon, Kenneth C, dkk, 2003. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi

Article Metrics

Abstract view(s): 11362 time(s)
PDF: 10975 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.