Antecedents of online purchasing behavior Antesenden perilaku pembelian secara daring
Rini Kuswati(1*), Amalia Saleha(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract : This study aims to determine the effect of information quality, service quality, as antecedent of online purchasing decision behavior. The population in this study is consumer who had been shopping for products or goods through the sale and purchase site of tokopedia.com. This study using 100 respondents, sampling technique with purposive sampling method. The paradigm of this study is positivism and using survey as design research. Data analyzed in this research includes measurement test, normality test, multicollinearity test and heteroskedastisity test. Hypothesis testing using multiple linear regression analysis, t-test, F test, and the value of coefficient of determination (R²). The results showed that the quality of information has a positive and significant effect on the behavior of online purchasing decisions. Service quality variable have positive and significant effect to online purchasing decision behavior. Confidence variables have a significant and negative effect on online purchase decision behavior. Simultaneously the quality of information, service quality, and trust have a significant influence on the behavior of purchasing decision. The variance of independent variables in explainable online decision are 17,4% and the rest explained by other variable outside of this research.
Abstraksi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas layanan, sebagai anteseden perilaku keputusan pembelian online. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah berbelanja produk atau barang melalui situs jual beli tokopedia.com. Penelitian ini menggunakan 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Paradigma penelitian ini adalah positivisme dan menggunakan survei sebagai penelitian desain. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji pengukuran, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, t-test, uji F, dan nilai koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian online. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian online. Variabel keyakinan memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap perilaku keputusan pembelian online. Bersamaan dengan itu kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keputusan pembelian. Varians variabel independen dalam keputusan online yang dapat dijelaskan adalah 17,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Survei pada Konsumen www.getscoop.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 15(2), 1–10.
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan Terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.com. Diponegoro Journal Of Management, 5(2), 1–15.
Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Www.traveloka.com. E-Proceeding Of Management, 3(2), 1-8.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155–168.
Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1), 1–8.
Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bungin, B. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi. Kencana. Jakarta.
Djarwanto. (1996). Statistik Sosial Ekonomi Bagian Pertama Edisi 3. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Deavaj, Fan, & Kohli. (2003). E-Loyality Elusive Ideal or Competitive Edge Communication of the ACM.46 (9), 184-191.
Djarwanto. (2001). Statistik Sosial Ekonomi Bagian Pertama Edisi 3. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Emzir. (2009). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan ke IV. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gujarati, D., N. (2007). Dasar-Dasar Ekonometrika Edisi3. Jakarta: Erlangga.
Hadi, S. (2012). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Ilham, D. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Online Store Lazada Sebagai E-commerce Terpercaya Di Indonesia. Simki-Economic, 1(5), 1–12.
Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Http://ejournal.stiedewantara.ac.id, X(1), 13–27.
Jundi, M. S., & Mudiantono. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian dengan Nilai Yang Dipersepsikan Sebagai Mediasi. Diponegoro Journal Of Management, 5(3), 1–12.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K., L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1: Erlangga, Jakarta.
Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh Kualitas Informasi Web dan Kualitas Layanan Online Terhadap Citra Bukalapak.com. Jurnal Perspektif, XV(1), 56–62.
Kuswati, Rini., & Delima, Hafi. (2014). The Effect of Knowledge Internet Technology and Customer Trust Towards Online Shopping Intention. Reseach Methods and Organizational Studies, 148-153.
Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 1–7.
Nugroho, S. (2005). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Nusarika, L. A. K., & Purnami, N. M. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kepercayaan dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online (Studi Pada Produk Fashion Online Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2380–2406.
Priyantara, M. P., Indrawati, & Djatmiko, T. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Konsumen Lazada di Indonesia. E-Proceeding of Management, 3(3), 2710–2717.
Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.
Raje, A., & Vandana, T., K. (2012). Impact of E-Service Quality on Consumer Purchase Behaviour in an On-Line Shopping. IJCSMS International Journal of Computer Science and Management Studies, 12(02), 1-5.
Schiffman, Leon., & Kanuk, L., L. (2008). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.
Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 53–56.
Setiawan, E. H., & Fauziah, A. (2017). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan, dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Seacara Online (Studi Kasus Tokopedia.com di Kabupaten Lumajang). Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 1(1), 64–75.
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis. (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C. V ALFABETA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: C. V ALFABETA.
Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran, Yogyakarta: Alfabeta.
Sujana, K. C., & Suprapti, N. W. S. (2016). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Situs Terhadap Niat Konsumen Untuk Berbelanja Di Situs Zalora. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(1), 595–622.
Tsaanii, A. A. A., & Ardini, L. (2016). Analisis Persepsi dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian dalam Transaksi E-commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(6), 1–15.
Uddin, Md. R., Lopa, N. Z., & Oheduzzaman, Md. (2014). Factors affecting customers’ buying decision of mobile phone: A study on Khulna City, Bangladesh. International Journal of Managing Value and Supply Chain, 5(2), 21-28.
Wahyuni, S., Irawan, H., & Sofyan, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Situs Online Fashion Zalora.co.id. E-Proceeding of Management, 4(2), 1405–1412.
Widodo, A., Putranti, H. R. D., & Nurchayati. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi RTS (Rail Ticketing System) Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Penumpang “KAI” Ekonomi Operasi 4 Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 160–181.
Wijayanti, R. H. H., & Harti. (2017). Pengaruh Online Consumer Reviews dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Toko Online Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Negara, 1(2), 49–55.
Article Metrics
Abstract view(s): 1341 time(s)PDF: 3040 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.