Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terdapat Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner

Miguna Astuti, Khaiz Prambaudy, Dwi Siti Tjiptaningsih

DOI: https://doi.org/10.23917/benefit.v4i1.7345

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap kinerja pemasaranumkm kuliner di wilayah kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.Rumusan masalah adalah untuk mengidentifikasi pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen.Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah pelaku UMKM kuliner yang berada diwilayah kecamatan Ciputat Timur.Ukuran sampel diambil 55 responden.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala likert dengan jawaban nilai 1 sampai dengan 5.Teknik penentuan sampel menggunakan metode non probability sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square (PLS).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) orientasi pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran umkm kuliner. (2) Inovasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran pada umkm kuliner. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam jumlah variabel, diharapkan penelitian mendatang dapat memperhatikan faktor-faktor lainnya sehingga dapat meningkatkan akurasi pada hasil penelitian dalam konteks peningkatan kinerja pemasaran.Peneliti menyarankan kepada pelaku UMKM, agar memperhatikan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja pemasaran.

Keywords

Inovasi, Kinerja Pemasaran, Orientasi Pasar

Full Text:

PDF

References

Abdillah, W,.& Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis

Ancok, D. (2012). Psikologi Kepemimpinan & Inovasi, Jakarta: Erlangga

Asa Perekonomian Indonesia Pada UMKM. Diakses pada 15 Februari 2018, dari http://validnews.co/ASAperekonomian-pada-umkm--uwn

Badan Pusat Statistik. Diakses pada 2 ferbuari 2018, dari https://www.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Banten. Diakses pada 4 Februari 2018, dari https://banten.bps.go.id/

Badan Pusat Statistik Tangerang Selatan. Diakses pada 4 Februari 2018, dari https://tangselkota.bps.go.id/

Basri, Y.Z., & Nugroho, M. (2009). Ekonomi Kerakyatan; Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinamika Pengembangan), Jakarta: Universitas Trisakti

Fatmawati, R.A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Angkringan Kota Semarang.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Edisi 3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 8, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2014). Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS), Edisi 4, Semarang: Badan Penerbit Univeristas Diponegoro

Gradistya, G.O., & Farida, N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Page 17- 135.

Hatta, I.H. (2015). Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran, Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), Vol. 13, No. 4, hlm. 653-661.

Lima Tahun, Sandiaga Sebut Jumlah UMKM Bisa Tembus 60 Juta. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170724113610-92229887/lima-tahun-sandiaga-sebutjumlah-umkm-bisa-tembus-60-juta

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi & Manajemen, Edisi 1, Jakarta: Penerbit PT Grasindo, anggota Ikapi

Sarjita. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran pada Sentra Industri Kecil Pembuatan Bakpia di Kabupaten Bantul, JMBA, Vol.IV No.2 Page 27-37.

Sarjono, H., dan Julianita, W. (2011). SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset, Jakarta: Salemba Empat

Sirait, M.L., Sukmawati, A. & Sumertajaya, I.M. (2015). Pengaruh Organisasi Pembelajaran dan Inovasi Terhadap Peningkatan Kinerja UKM di Kota Bogor. Jurnal Manajemen. Vol. XIX, No. 02, page 290-303.

Siregar, S. (2012). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Edisi 1, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soehadi, A.W., (2012). A Value Creation Approach. Jakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Edisi 1, Yogyakarta: Graha ilmu.

Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting, Jakarta: LP3ES

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012).Pemasaran Stratejik Edisi 2, Yogyakarta: Andi Offset.

Topang Ekonomi Nasional, UMKM Dipacu Miliki Semangat Keberanian.dari https://ekbis.sindonews.com/read/1274421/34/topang-ekonomi-nasionalumkm-dipacu-miliki-semangatkeberanian-1516181505

UMKM, Lini Usaha Menjanjikan di Banten. Diakses pada 2 Februari 2018, dari https://bantenbangkit.com/umkmlini-usaha-menjanjikan-di-banten/

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja, Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Article Metrics

Abstract view(s): 91 time(s)
PDF: 66 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.