KOMPOS DAUN SOLUSI KREATIF PENGENDALI LIMBAH

Endang Setyaningsih, Dwi Setyo Astuti, Rina Astuti

Abstract

Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan kampus swasta ternama di Indonesia. Kampus ini masuk dalam peringkat ke-8 terbaik kampus Indonesia. Keberhasilan menjadi Universitas ternama tidak lepas dari lengkapnya sarana prasarana kampus. Infrastruktur kampus yang dibangun sedemikian megah, lengkap, dan memiliki banyak lahan hijau menyebabkan kampus ini menjadi tempat yang nyaman untuk melakukan pembelajaran. Hal lain yang muncul dan tidak dapat dikesampingkan dengan adanya kampus hijau adalah masalah sampah terutama sampah daun. Banyaknya sampah daun yang dihasilkan dari setiap kampus yang terkumpul dengan bantuan tenaga maintenance kampus di setiap harinya, setiap minggu, dan setiap bulannya, memerlukan penangan khusus. Selama ini sampah daun yang hanya dikumpulkan dan dibuang ditempat pembuangan sampah akhir belum ada yang memanfaatkan. Tujuan dari program ini adalah untuk membuat kompos daun sebagai solusi kreatif pengendali limbah di kampus I, II, dan IV Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Keywords

limbah, daun, dan kompos

References

Arief Budiharjo, Muhammad. 2006. Studi Pengomposan Sampah Kota Sebagai Salah Satu Alternatif Pengelolaan Sampah Di TPA Dengan Menggunakan Aktivator EM4 (Effective Microorganism). Jurnal PRESIPITASI. Vol 1, No 1, p.25-30.

Astuti Herawati, Dewi dan Arif Wibawa, Andang. 2010. Pengaruh Pretreatment Jerami Padi pada Produksi Biogas dari Jerami Dan Sampah Sayur Sawi Hijau Secara Batch. Jurnal Rekayasa Proses. Vol 4, No 1, p.25-29.

Dipoyuwono. 2007. Meningkatkan Kualitas Kompos. Kiat Menggatasi Permasalahan Praktis. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Junita Nasution, Fadma., dkk. 2014. Aplikasi Pupuk Organik Padat dan Cair Dari Kulit Pisang Kepok Untuk Pertumbuhan Dan Produksi Sawi (Bransica Junsea L.). Jurnal Online Agroekoteknologi. Vol 2, No 3, p.1029-1027.

Khoirul Anas, Argo., dkk. 2012. Pengaruh Variasi Massa Umbi Ganyong (Canna edulis) Pada Pembuatan Dan Karakterisasi Plastik Biodegradable Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Umbi Ganyong. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohendi, E. 2005. Lokakarya Sehari Pengelolaan Sampah. DKI Jakarta:sebuah prosiding Bogor ,08 April 2012

Sutedjo. 2002. Potensi dan Pemanfatan limbah gula sebagai Bahan pembuatan pupuk Organik Tanah. Jakarta: Nalai industri Indonesia

Sulistyorini , Lilis. 2005. Pengelolaan Sampah Dengan Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Vol 2, No 1, p.77-84.

http://www.kajianpustaka.com/2015/02/pengertian-jenis-dan-dampak-sampah.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Sampah

http://semuaitubermanfaat.blogspot.com/2012/02/manfaat-sampah.html

http://dedymeliala.blogspot.com/2012/05/pengertian-jenis-dampak-negatif-sampah.html

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.