DISTRIBUSI TEMPORAL ARTHROPODA PADA TUMBUHAN LIAR Centella asiatica L. DI KEBUN BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Vica Dian Aprelia Resti(1*)

(1) Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui distribusi temporal Arthropoda pada tumbuhan liar Centella asiatica L. di kebun Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Metode pengamatan yang digunakan diadaptasi dari Weisse dan Stettmer (1991) secara visual control dengan mengamati secara langsung serangga yang mengunjungi cuplikan tumbuhan liar. Pengamatan dilakukan pada titik cuplikan tanaman Centella asiatica L. masing-masing pada tiga tempat yang ditentukan berdasarkan jauh dekatnya dengan jalan setapak dan sumber air. Pada setiap titik dilakukan pengamatan terhadap Arthropoda yang berkunjung dengan cara pengamatan langsung dengan gradasi jarak pengamatan 2 meter dan dilakukan pada 3 periode pengamatan dan durasi 15 menit. Distribusi temporal Arthropoda pada tumbuhan Centella asiatica L. menunjukkan variasi yang berbeda-beda. Pola yang paling mencolok ditemui pada distribusi famili Formicidae. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan kapan waktu yang tepat dilaksanakannya Pengendalian Hama Terpadu (PHT) dalam upaya menurunkan penggunaan pestisida kimiawi di lahan pertanian atau perkebunan.

Keywords

distribusi temporal;serangga;pengendalian hama terpadu;agroekosistem

Full Text:

PDF

References

Borror, T. dan Johnson. 1992. Pengenalan Pengelolaan Hama Terpadu. Yogyakarta: UGM Press.

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kurniasari, P. 2002. Seleksi Beberapa Tanaman Hias yang Menarik Bagi Belalang Sembah Famili Mantidae di Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Metcalf, R.L. & Metcalf, E.L. 1992. Plant Kairomones in Insect Ecology and Control. New York: Chapmann and Hall.

Pracaya. 1991. Hama Penyakit Tanaman. Salatiga: PT Penebar Swadaya.

Southwood, T.R.E., & M.J. Way. 1970. Ecological background to pest management. Jurnal Concepts of Pest Management, pp. 7-13.

Tjitrosoediro. 1984. Pengelolaan Gul ma di Perkebunan. Jakarta: Gramedia.

Untung, K. 2006. Konsep Pengendalian Hama Terpadu. Yogyakarta: Andi Offset.

Wulandari, Anggun. 2011. Frekuensi Kunjungan Harian Arthropoda pada Tumbuhan Liar Borreria repens DC, dan Setaria sp di Area Kebun Teh Wonosari Singosari Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Biologi Universitas Negeri Malang.

Article Metrics

Abstract view(s): 1692 time(s)
PDF: 1616 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.