DISTRIBUSI SPASIAL ARTHROPODA PADA TUMBUHAN LIAR DI KEBUN BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Chandra Kirana(1*)

(1) MAN Pamekasan Madura
(*) Corresponding Author

Abstract

Distribusi merupakan penyebaran suatu organisme dalam struktur populasi. Distribusi serangga hama maupun musuh alami terjadi dalam dua cara yaitu secara spasial (berdasarkan di-mensi ruang) dan temporal (berdasarkan dimensi waktu). Penelitian ini bertujuan untuk mendes-kripsikan dan menganalisis distribusi spasial Arthropoda pada tumbuhan liar di Kebun Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif deng-an pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: penelitian pendahuluan untuk mengamati jenis-jenis Arthropoda yang ada pada lokasi pengamatan; penentuan tum-buhan yang diamati yaitu Centella asiatica L. dan Ageratum conyzoides L; serta pengamatan kunjungan Arthropoda pada kedua tumbuhan tersebut. Metode pengamatan yang digunakan adalah visual control. Pengamatan distribusi spasial dilakukan pada tiga tempat tumbuhan Centella asi-atica L. dan Ageratum conyzoides L. yang ditentukan berdasarkan jauh dekatnya dengan jalan setapak dan sumber air. Distribusi spasial pada tumbuhan liar Centella asiatica L. dan Ageratum conyzoides L. di kebun Biologi FMIPA UM Malang menunjukkan variasi yang berbeda-beda. Daerah yang dekat dengan jalan rata-rata frekuensi kunjungan harian lebih rendah daripada daerah yang lebih jauh dengan jalan setapak.

Keywords

agroekosistem, distribusi spasial; serangga; pengendalian hama terpadu (PHT)

Full Text:

PDF

References

Borror, T. dan Johnson. 1992. Pengenalan Pengelolaan Hama Terpadu. Yogyakarta: UGM Press.

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Landis, D.A.S.D Wratten. 2000. Habitat Management to Conserve National Enemies of Arthropoda Pest in Agriculture. Annual Review Entomologi. Vol 45 175-201.

Metcalf, R.L. & Metcalf, E.L. 1992. Plant Kairomones in Insect Ecology and Control. New York: Chapmann and Hall.

Pracaya. 1991. Hama Penyakit Tanaman. Salatiga: PT Penebar Swadaya.

Southwood, T.R.E., & M.J. Way. 1970. Ecological background to pest management. Jurnal Concepts of Pest Management, pp. 7-13.

Untung, K. 2006. Konsep Pengendalian Hama Terpadu. Yogyakarta: Andi Offset.

Article Metrics

Abstract view(s): 3478 time(s)
PDF: 3713 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.