HUBUNGAN ANTARA PERTAMBAHAN BERAT BADAN IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN LAHIR BAYI DI KABUPATEN SEMARANG

Anika Candrasari(1*), Yusuf Alam Romadhon(2), Fiftin Desy Auliafadina(3), Arfa Bima Firizqina(4), Hasmeinda Marindratama(5)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Status gizi ibu hamil merupakan hal yang sangat berpengaruh besar terhadap kesehatannya sendiri dan sebagai prediksi pregnancy outcome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara antara  pertambahan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di kabupaten Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan  kohort retrospektif.  Penelitian dilakukan di beberapa Puskesmas wilayah kerja  Kabupaten Semarang bulan Oktober  2013. Hasil uji korelasi Spearman diperoleh nilai p 0,076, menunjukkan korelasi antara pertambahan berat badan ibu hamil dan berat badan lahir bayi adalah tidak bermakna. Hasil regresi linier pada uji ANOVA didapatkan nilai p = 0,000. Nilai adjusted R square pada model summary didapatkan hasil 0,111 yang berarti persamaan yang diperoleh mampu menjelaskan berat badan lahir bayi sebesar 11,1%. Sebesar 88,9% sisanya, dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara pertambahan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di kabupaten Semarang.
Kata kunci: pertambahan berat badan ibu hamil, berat badan lahir bayi

Full Text:

PDF

References

Chairunita, Hardiansyah, Dwiriani, M.C. 2006. Model Penduga Berat Bayi Lahir Berdasarkan Pengukuran Lingkar Panggul Ibu Hamil. Jurnal Gizi dan Pangan. November. I (2). Firdaus, T.T., Dewiastuti, M., dan Anisah. 2014.

Hubungan Penambahan Berat Badan Ibu dan Anemia dalam Kehamilan dengan Berat Badan Lahir Bayi di Puskesmas Cimanggis.

Jurnal Profesi Medika. Vol. 8, Nomor 1, Januari- Juni 2014

Indreswari, M., Hardinsyah, & Damanik, M. R. M. (2008). Hubungan antara Intensitas Pemeriksaan Kehamilan, Fasilitas

Pelayanan Kesehatan dan Konsumsi Tablet Besi dengan Keluhan Selama Kehamilan.

Jurnal Gizi dan Pangan Maret 2008. Kusumawati, Y., & Mutalazimah. (2004). Hubungan Pendidikan Gizi Ibu dengan Berat Bayi Lahir di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Infokes Volume 8, No. 1

Muwakhidah dan Zulaekah, S. 2004. Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Berat Bayi Lahir di RSUD dr. Moewardi

Surakarta. Jurnal Penelitian Sains & Teknologi. Vol 5, Nomor 1. 2004: 11-20.

PemKab Semarang. 2014. www.semarangkab.go.id. Diunduh tanggal 5 Juni 2014.

Senbanjo, I.O., Olayiwola, I.O., Afolabi, W.A., and Senbanjo, O.C. 2013. Maternal and Child Under-nutrition in Rural and Urban Communities of Lagos state, Nigeria: The Realtionship and Risk Factors. BMC Public Health. 6: 286.

Soetjiningsih . 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC.

Supariasa, N. D. I., Bakri, B., & Fajar, I. (2002).

Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.

Article Metrics

Abstract view(s): 347 time(s)
PDF: 252 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.