PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-6 TAHUN DENGAN PENDIDIKAN USIA DINI DAN TANPA PENDIDIKAN USIA DINI DI KECAMATAN PETERONGAN JOMBANG

Retno Wulandari(1*), Burhannudin Ichsan(2), Yusuf Alam Romadhon(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya stimulasi perkembangan dan faktor lingkungan dari anak. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk stimulasi yang pada dasarnya adalah upaya-upaya intervensi yaitu menciptakan lingkungan sekitar anak usia dini agar mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Penelitian ini observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik random sample (probability samples) dengan pendekatan cluster sampling. Uji statistik yang digunakan uji Chi-Square (nilai expected<5, maksimal 20% dari jumlah sel). Terdapat perbedaan perkembangan sosial pada anak usia 3-6 tahun dengan pendidikan usia dini dan tanpa pendidikan usia dini secara signifikan (p.0,002). Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara perkembangan sosial pada anak usia 3-6 tahun dengan pendidikan usia dini dan tanpa pendidikan usia dini di Kecamatan Peterongan Jombang.

 

Kata kunci.Perkembangan sosial, pendidikan usia dini, anak usia 3-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Ardita V., Kadir A., & Askar M., 2012.Deteksi Perkembangan Anak Berdasarkan DDST di RW I Kelurahan Luminda Kecamatan Wara Utara Kota Palopo.Vol. 1(2).

BKKBN 2014.Menjadi Orangtua Hebat dalam Mengasuh Anak (Usia 0 – 6 Tahun).ISBN : 978-602-8068-87-1

Chamida N.A., 2012. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Dahlan M.S., 2013. Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan.Jakarta : Salemba Medika

Darsana W., 2012. Hubungan stimulasi kecerdasan multipel dengan perkembangan personalsosial anak usia pra sekolah.http://darsananursejiwa.blogspot.com/2012/01/hubunganstimulasi-kecerdasanmultipel. html. Diakses 9 Januari 2016

Delfita R., 2011. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Gambar Dalam Bak Pasir di Taman Kanak-Kanak Bina Anaprasa Mekar Sari Padang.Jurnal Pesona PAUD. Vol 1(1).

Departemen Kesehatan RI 2007. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang

Diana F.M., 2010. Pemantauan Perkembangan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 4 (2).

Dinas kesehatan Jawa Timur 2011. Profil Kesehatan 2011 Provinsi Jawa Timur.http://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/1321926974_Profil_Kesehatan_Provinsi_Jawa_Timur_2010.pdf Diakses pada tanggal 15 Agustus 2015

Dorlina N., 2011. Perkembangan Bahasa AnakPrasekolah. Jurnal Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 08 (1).

Enung F., 2006. Psikologi Perkembangan :Perkembangan Peserta Didik. Bandung : CV Pustaka Setia

Gultiano S.A., & King E.M., 2006. A Better Start in Life : Evaluation Result from an Early Childhood Development Program. Philippine Journal of Development Number

, First and Second Semesters 2006. Volume XXXIII, Numbers 1 & 2

Halimah N., & Kawuryan F., 2010.Kesiapan Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak yang Mengikuti Pendidikan TK dengan yang Tidak Mengikuti Pendidikan TK di Kabupaten Kudus.Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus Vol. 1(1).

Hastuti D., Alfiansari.,& Chandriyani., 2010. Nilai Anak, Stimulasi Psikososial, Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-5 Tahun Pada Keluarga Rawan Pangan Di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Keluarga dan Konseling.Vol. 3 (1): 27-34

Ikalor A., 2013.Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan. Vol. 7(1): 1-6.

Kusbiantoro D., 2015. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Prasekolah di Taman Kanak-Kanak Aba 1 Lamongan. Surya.Vol.7(1).

Martani W., 2012. Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi. Vol. 39 (1): 112 – 120

Mayar F., 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 6 November 2013, hlm. 459-464

Novianti R., Puspitasari E., & Chairilsyah D., 2012. Pemetaan Kemampuan Guru Paud Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Pekanbaru. Jurnal

SOROT. Vol 8 (1): 1 – 104

Retnowati Y., 2008. Pola Komunikasi Orangtua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta).Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.6 (3).

Setyaningrum S.R., Triyanti.,& Indrawani Y.M., 2014. Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol.8, No. 6.

Siti M., 2012. Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18 (1)

Sulistiani W., 2009. Penerapan Metode Bermainuntuk Meningkatkan Kemampuan Sosial AnakUsia Dini. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Psikologi Kelautan- Kemaritiman.Vol. 3(2).

UNICEF Indonesia 2012.Pendidikan & Perkembangan Anak Usia Dini. http:// www.unicef.org/indonesia/id/A3_-_B_Ringkasan_Kajian_Pendidikan.pdf Diakses pada tanggal 15 Agustus 2015

Article Metrics

Abstract view(s): 9810 time(s)
PDF: 14128 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.