HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BENDO KABUPATEN MAGETAN

Dewi Nur Intan Sari, Sri Wahyu Basuki, N. Juni Triastuti

DOI: https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i2.2910

Abstract

Imunisasi merupakan suatu strategi yang efektif dan efisien dalam meningkatkan derajat kesehatan nasional. Alasan bayi tidak mendapatkan imunisasi lengkap karena faktor informasi, mengakibatkan pengetahuan ibu tentang imunisasi kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar bayi di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan. Desain penelitian adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang datang ke posyandu dengan anaknya berumur 9-12 bulan di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan dengan teknik pengambilan sampel Cluster sampling.Besar sampel sebanyak 65 responden. Data selanjutnya dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan (p<0,001) antara pengetahuan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar bayi di wilayah kerja Puskesmas Bendo Kabupaten Magetan

 

Kata Kunci: Pengetahuan Ibu, Kelengkapan Imunisasi’

Full Text:

PDF

References

Abdulraheem, I.S., Onajole.A.T., Jimoh.A.A.G., Oladipo.A.R., 2011. Reason for incomplete vaccination and factors for missed opportunities among rural Nigerian children.Journal of Public Health and Epidemiology Vol.3(4).

Ayubi, D., 2009. Kontribusi Pengetahuan Ibu terhadap Status Imunisasi Anak di Tujuh Provinsi di Indonesia.Jurnal Pembangunan Manusia, vol.7 No.1.

Bofarraj, M., 2011.Knowledge, attitude and practices of mothers regarding immunization of infants and preschool children at Al- Beida City, Libya 2008.Egypt J Pediatr Allergy Immunol 9(1).

Budiman dan Agus, R., 2014.Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Dewi ,A.P., Eryati D., Edison., 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi di Kelurahan Parupuk Tabing Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2013.Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2):114-118.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan., 2013. Profil Kesehatan Kabupaten Magetan. Magetan: Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur., 2013. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2012. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Mentri Kesehatan RI. 2010., Keputusan Mentri Kesehatan RI No.482. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Notoatmodjo, S., 2007.Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S., 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetjiningsih., 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Article Metrics

Abstract view(s): 856 time(s)
PDF: 4209 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.