EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA KEGIATAN KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DI KONSULTASI GRATIS RS ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

Afifah Ihsani Wardhani, Dewi K. Soedarsono, Diah Agung Esfandari

DOI: https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i2.2911

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur untuk efektivitas komunikasi antarpribadi pada kegiatan komunikasi dokter-pasien di Konsultasi Gratis RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Jenis Penelitian adalah penelitian deskriptif dan dengan sampel sebanyak 97 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase lima sub variabel adalah: keterbukaan 86,30%, empati 85,00%, sikap mendukung 87,79%, sikap positif 88,41%, dan kesetaraan 80,66%, seluruhnya mendapatkan predikat tinggi dan efektivitas komunikasi dokter-pasien berada pada predikat sangat tinggi. Dari data tersebut, disimpulkan bahwa efektivitas komunikasi antarpribadi pada kegiatan komunikasi dokter-pasien di Konsultasi Gratis RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta adalah efektif.

 

Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Kesehatan, Komunikasi Dokter-Pasien, Konsultasi Gratis Rumah Sakit Ortopedi Surakarta.

Full Text:

PDF

References

DeVito&Joseph A. 2010. Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Mulyana, D. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Soetjiningsih. 2008. Model Komunikasi Pasien-Dokter Suatu Pendekatan Holistik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. 2014. Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Article Metrics

Abstract view(s): 306 time(s)
PDF: 258 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.