HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU MAHASISWA TENTANG PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP KEBERADAAN JENTIK AEDES AEGYPTI

Rochmadina Suci Bestari, Purnama Parulian Siahaan

DOI: https://doi.org/10.23917/biomedika.v10i1.5847

Abstract

Metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M merupakan cara yang mudah dan murah untuk dilakukan akan tetapi kenyataannya cara ini tidak terlaksana dengan baik. Hal ini sangat erat dengan kebiasaan hidup bersih dan pemahaman serta perlakuan terhadap bahaya DBD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku mahasiswa tentang PSN DBD terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti di Desa Karang Asem Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Penelitian ini termasuk observasional analitik non eksperimen dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel dengan purposive sampling sejumlah 43 responden. Data diperoleh dari data primer dengan kuesioner dan uji pemeriksaan larva. Analisis statistitik menggunakan Uji spearman. Hasil penelitian secara statistik dengan uji spearman didapatkan bahwa tidak ada hubungan tingkat pengetahuan tentang PSN DBD terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti dengan nilai ρ=0,464 (ρ > 0.05) dan terdapat hubungan antara tingkat perilaku PSN DBD terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti. tingkat pengetahuan PSN DBD tidak terdapat hubungan terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti dan terdapat hubungan tingkat perilaku PSN DBD terhadapat keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti.

 Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan PSN DBD, tingkat perilaku PSN DBD, keberadaan jentik Aedes aegypti

Full Text:

PDF

References

Azlina, A., Adrial, & Anas, E. 2016. Hubungan tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan Keberadaan Larva Vektor Nyamuk DBD di Kelurahan Lubuk Buaya. Jurnal Kesehatan Andalas, 1, 221-227.

Chen, K., Suhendro, Nainggolan, L., & Pohan, H. (2006). Demam Berdarah Dengue. In Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam p. 1709. Jakarta: Departemen Ilmu Penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indnesia.

DINKES. 2012. Buku Profil Kesehatan Jawa Tengah. Semarang: DINKES .

DINKES. 2012. Peraturan Bupati Malang nomor 2 tentang Pengendalian Penyakit Demam Berdarah Dengue di Kabupaten Malang. Malang: Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. KEMENKES. 2010. Demam Berdarah Dengue. Buletin Jendela Epidemiologi, II, 22.

KEMENKES. 2011. Modul Pengendalian Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

KEMENKES. 2012. Pedoman Pengendalian Demam Chikungunya (2nd ed.). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

KEMENKES. 2012. Petunjuk Teknis Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) oleh juru pemantau jentik (Jumantik). Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

KEMENKES. 2012. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: KEMENKES. Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineke Cipta.

Suharti, S. 2010. Tesis. Hubungan Pengetahuan dan Motivasi dengan Perilaku Kepala Keluarga dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara).

WHO. 2016. Dengue and Severe Dengue. Dipetik November 6, 2016, dari http://www.who.int

Refbacks

  • There are currently no refbacks.