AKUARIUM DARI BOTOL PLASTIK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGANALISIS INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI SMP NEGERI 1 KARTASURA

Adam Pri Afandi(1*), Adinda Putri Yunika(2), Awalia Ristyani Hidayah(3), Dela Tri Wahyu Andayani(4), Lisa Hilma Arini(5), Ariyanto Ariyanto(6)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis media pembalajaran berupa akuarium dari botol plastik yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran di SMP Negeri 1 Kartasura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan pengamatan yang dilakukan secara langsung. Setelah data diperoleh, kami melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran akuarium dari botol plastik ini sangat efektif dan dapat menciptakan keaktifan saat proses pembelajaran berlangsung.

Full Text:

PDF

References

Darmaawan Deni. & Permassih. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers.

Hamalik. & Oemar. (1986). Media Pendidikan. Bandung : Almn.

Santosa, Priya. (2018). Mahir Praktikum Biologi Penggunaan Alat-Alat Sederhana dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Sumiharsono Rudy, dan Hasanah Hisbiyatul. (2017). Media Pembelajaran. Jember : CV Pustaka Abadi.

Article Metrics

Abstract view(s): 426 time(s)
PDF: 336 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.