PROGRAM ADIWIYATA MEMBENTUK PERILAKU CINTA LINGKUNGAN WARGA SMPN 2 COLOMADU

Rashyid Muttaqim Maulana(1*), Kuny Hidayah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

SMPN 2 Colomadu mendapatkan penghargaan dari pemerintah sebagai sekolah adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2019. Program ini mengajak warga sekolah berpartisipasi aktif dalam menjaga dan merawat lingkungan. Partisipasi yang diterapkan oleh warga SMPN 2 Colomadu berupa kegiatan yang ramah lingkungan. Kegiatan yang dilakukan antara lain memilah sampah organik dan anorganik, bank sampah, pengolahan pupuk kompos, jum’at sehat dan bersih, penanaman tanaman hidroponik, biopori, pemanfaatan limbah air wudhu untuk pengairan kolam ikan, jajanan kantin bebas dari plastik, dan RPP diselipkan konsep adiwiyata. Program adiwiyata ini tidak hanya dilakukan di dalam sekolah, tapi juga dilakukan di luar lingkungan sekolah. Penerapan budaya cinta lingkungan mengikutsertakan masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungan. Hasil program adiwiyata di sekolah membentuk sekolah imbas di sekitar SMPN 2 Colomadu.

Full Text:

PDF

References

Rakhmawati, Darning dkk. (2016).Peran Program Adiwiyata dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa : Studi Kasus di SMK Negeri 2 Semarang. 5(1), 1057-1190.

Hadi, Djati Witjaksono. (2017). Tumbuhkan Generasi Cinta Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata. Diakses dari www.menlhk.go.id/site/single_post/265.

Bahrudin, Mohammad Dendy Fathurahman. (2017). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. 17(1), 25-37.

Article Metrics

Abstract view(s): 304 time(s)
PDF: 599 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.