PEMBELAJARAN BERBASIS APPLIED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BAHASA INGGRIS MIM PK KARTASURA

Fernanda Frisky Warhandika(1*), Dhevi Anastia R(2), Danita Novian Permatasari(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendiskripsikan Program SME dalam peningkatan kemampuan berbahasa inggris pada anak, 2) Mengidentifikasi Dampak positif dari program applied learning terhadap perkembangan kognitif pada siswa, 3) Mengetahui kesulitan apa saja yang ditemui guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis Bahasa Inggris dan solusi mengatasi kesulitan. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan pola deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan menerapkan program vocabulary book, classroom language di terapkan sehari- hari sehingga siswa dapat menguasai bahasa inggris dan dapat menerapkannya ke dalam soal-soal yang berbasis Bahasa Inggris. Penerapannya seperti anak dapat menggunakan kalimat-kalimat perintah dalam Bahasa Inggris, dari hal-hal kecil siswa di biasakan untuk menggunakan Bahasa Inggris agar kemampuan siswa lebih banyak. 2) Dampak positif dari program applied learning terhadap perkembangan kognitif pada siswa. Siswa dapat mengembangkan kemampuan bahasa inggrisnya untuk berkompetisi dengan sekolah lain saat mengikuti olimpiade, siswa dapat menambah kosakata Bahasa inggris lebih banyak. ; 3) Kendala yang ditemui guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis Bahasa Inggris adalah masih terdapat beberapa anak yang belum bisa menulis dan membaca Bahasa inggri dikelas rendah. Solusinya guru harus menentukan sendiri strategi pembelajaran yang digunakan dengan menyesuaikan kondisi anak usia SD.

Full Text:

PDF

References

Haque, Rohiima. 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Unggul Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Program Khusus Kartasura. Strata 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UMS.

Kusumajati, Putri A. 2018. Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Bahasa Inggris Di Kelas Sains, Mathematics, English (SME) MIM PK Kartasura. Strata 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UMS.

Suhartatik, S. 2014. Pengembangan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Ponpes Modern di Malang. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol. 9(2). 83-90.

Suryawan, M.A. 2016. E- Learning Pengenalan Alat Transportasi dalam Bhasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Siswa SD. Jurnal Informatika. Vol. 5(1). 16-28.

Syahputra, Idham. 2014. Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 17(1). 127-145.

Article Metrics

Abstract view(s): 405 time(s)
PDF: 515 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.