PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Dafa Rizki Purna Ramadhan(1*), Aulia Qisthi Rosyada(2), Widya Marliza(3), Dinda Eya Putri Kasatri(4), Irma Yuliana(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer.

Full Text:

PDF

References

Clements, Douglas H. & Gullo, Dominic F. . (1984). Effects of Computer Programming on Young Children's Cognition [online]. Ohio: Journal of Educational Psychology. Available from : ResearchGate [accessed 13 February 2020].

Goran, Zaharija, Mladenović, Saša, & Boljat, Ivica. (2013). Introducing Basic Programming Concept to Elementary School Children [online]. Croatia : Elsevier Ltd. Available from : Science Direct [accessed 14 February 2020].

Kaplancali, Ugur Tevfik, & Demirkol, Zafer. (2017). Teaching Coding to Children: A Methodology for Kids 5+ [online]. Turkey : Science Publishing Group. Available from : ResearchGat [accessed 13 February 2020] .

Mladenović, Monika, Krpan, Divna, & Mladenović, Saša. (2017). LEARNING PROGRAMMING FROM SCRATCH [online]. Croatia : University of Split, Faculty of Science Croatia. Available from : ResearchGate [accessed 13 February 2020].

Strawhacker, Amanda, & Bers, Marina Umaschi. (2018). What they learn when they learn coding: investigating cognitive domains and computer programming knowledge in young children [Online]. Massachusetts : Association for Educational Communications and Technology. Available from : ResearchGate [accessed 14 February 2020].

Wibirama, Suna. (2019). Benarkah Belajar Coding Akan Menjadi Solusi Untuk Memajukan Ekonomi Digital? [online]. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada. Available from : Medium [accessed 16 February 2020]

Article Metrics

Abstract view(s): 1842 time(s)
PDF: 1757 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.