UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI THAHARAH DI KELAS VII SMP AL IRSAYD SURAKARTA

Tri Rahayu(1*), M Rosyid(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Upaya merupakan usaha yang seharusnya dilakukan oleh setiap guru, bukan hanya guru fikih. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan proses untuk memahamkan siswa. Sehingga untuk memahamkan siswa perlu adanya upaya. Namun upaya tidak dapat menjamin tidak akan bertemu dengan problem. Problem yang sering dialami oleh guru adalah tingkat pemahaman siswa yang berbeda. Sehingga guru dituntut untuk melakukan upaya agar pemahaman siswa terhadap materi dapat sesuai dengan harapan guru. Sehingga upaya guru menentukan keseragaman dari pemahaman siswa. Apabila siswa sebelumnya memahami materi thaharah hanya berwudhu. Setelah guru melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa yang seragam. Maka yang dipahami siswa bisa sama, meskipun dengan tingkat pemahaman yang bervariasi.

Full Text:

PDF

References

Al Qur’an dan Terjemahnya. Departemen Agama Republik Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

DP3R Pustaka Imam Syafi’i. 2018. Fikih Ibadah. Darsyafi’i.

Huda, Miftakhul. 2018. “Identitas Budaya dalam Sastra Anak Serial Kecil-kecil Punya Karya”. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (KBSP) V. http://hdl.handle.net/11617/9948.

Huda, Miftakhul. 2019. “Managerial Communication System for the Operation of Learning Acceleration Programs”. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2, 2019: 168-181. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/521

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru Algesindo

Article Metrics

Abstract view(s): 92 time(s)
PDF: 92 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.