PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 COLOMADU TAHUN 2019/2020

Sahda Nastiti Mufidah(1*), Rindi Nur Antika(2), Via Ayu Santoso(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode card sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Tahun 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort pada materi lebih memudahkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi PAI, siswa lebih senang dan antusias dalam pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan konsep-konsep baru pada materi kejujuran, amanah dan istiqomah. Guru menyediakan beberapa potongan kartu dalam beberapa kategori beserta kartu induknya. Kemudian setiap siswa yang mendapat kartu harus memahami materi atau isi kartu yang ia peroleh, selain itu siswa juga bisa berdiskusi dan berkelompok dengan siswa lain yang mendapat potongan kartu pada kategori yang sama.

Full Text:

PDF

References

Ariesta, S. (2008). Metode Active Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Keagamaan Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bonwell, C.C. 1995. Active Learning: creating Excitement in the Classroom Center for Teaching and Learning. St. Louis College of Pharmacy.

Hanifah, E. N., Wulandari, T. 2018. Penggunaan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO 5(1):61-80.

Ismail, A. 2006. Education Games, menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Nurhidayati. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pokok Bahasan Sikap Kepahlawanan dan Patriotism Kelas IV SDN Purwosari 02. Jurnal PTK&Pendidikan 3(1): 17-22.

Sudirman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Findo.

Sutama. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R & D. Sukoharjo:CV Jasmine.

Sutrisno. 2008. Pendidikan Islam yang menghidupkan. Yogyakarta: Kota Kembang.

Zaini, H. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CSTD.

Article Metrics

Abstract view(s): 144 time(s)
PDF: 157 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.