GAYA BAHASA PUISI KARYA SISWA DAN PENGARUH MINAT BACA PUISI DALAM PENGUASAAN GAYA BAHASA DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA

Delvia Anggita Pradana(1*), Istiqomah Istiqomah(2)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan gaya bahasa puisi karya siswa dan pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa di SMP Muhammadiyah 5 Suarakarta. Hipotesis penelitian ini adalah (1) menganlisis gaya bahasa pada puisi karya siswa, (2) pengaruh minat baca puisi dalam penguasaan gaya bahasa. Penelitian ini menggunkan teori gaya bahasa dari Gorys Keraf dan Targian. Penelitian ini menggunkan metode penelitian diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 20 siswa SMP Muhammdiyah 5 Surakarta. Jenis data yang dipakai dalam penyusunan penelitian adalah sumber data tertulis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari, mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data hasil penelitian. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian di lapangan berupa puisi karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan gaya bahasa yang digunkan dalam puisi karya siswa gaya bahas hiperbola, gaya bahasa simile, gaya bahasa repetisi, dan minat baca puisi sangat berpengaruh dalam penguasaan gaya bahasa. Siswa yang suka membaca puisi bahasa yang digunakan lebih indah dan mengadung gaya bahasa. Gaya bahasa digunakan untuk memperindah puisi.

Full Text:

PDF

References

Al-Maruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. 2017. “Pengkajian Sastra (Teori dan Aplikasi)”. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Budi, Eka Setya dan Yushinta Eka Farida. 2017. Gaya Bahasa Komentator Sepak Bola dalam Acara AFF U 18 di Stasiun Televisi Indosiar. Jurnal Edulingua. Vol. 4, No. 2, Hlm, 131-136.

Huda, Miftakhul. 2009. “Pembelajaran Sastra: Metode Pengajaran dan Respon Siswa”. Jurnal Humaniora, Volume 10 No. 1, Februari 2009. http://hdl.handle.net/11617/642

Huda, Miftakhul. 2010. “Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Guru SMP/MTs di Surakarta” Warta LPM Volume 13 No. 1 Maret 2010. http://hdl.handle.net/11617/2052

Husen, Diary Pratama,dkk. 2012. “Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Makanan Ringan di Pontianak Kalimatan Barat”. Untan, Vol.1, No.5, Hlm. 1-8.

Keraf, Gorys. 2014. “Diksi dan Gaya Bahasa”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Meleong. 2010. "Sistematis stteming Otomatis Untuk Kata Dalam Bahasa Indonesia". Seminar Nasional Aplikasi Tehnologi Informasi 2004. Juni, hlm 140-160.

Sari, Asri Wahyuni dan Diyan Permata Y. 2016. “Kontribusi Minat Baca Puisi dan Pengusaan Gaya Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Lembah Gumanti”. Jurnal Gramatika. Vol. 2. No.2, Hlm. 179-193.

Semi, M. Atar. 1988. “Anatomi Sastra”. Padang: Angkasa Raya.

Sugioni. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Article Metrics

Abstract view(s): 533 time(s)
PDF: 417 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.