PEMBENTUKAN NILAI RELIGIUS DAN KREATIF MELALUI KEGIATAN PENDALAMAN KARAKTER

Shella Agustina Ayuningtyas(1*), Dhani Andreanto(2), Tri Ayu Monika(3), Muhammad Adha Bisma(4)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Karakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis.  Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragama

Karakter yang positif merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap individu, dan merupakan fitrah pemberian dari Tuhan Yang Maha Kuasa pada setiap manusia. Peserta didik sebagai pribadi manusia tentu juga memiliki fitrah karakter positif. Pengembangan karakter perludilakukan dari segala arah, baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di lingkungan sekolah. SMK Negeri 8 Surakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis katrakter. Pendidikan karakter ini di SMK Negeri 8 Surakarta dengan cara dilakukan melalui kegiatan yang bernama pendalaman karakter. Pembelajaran pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta dilakukan pada hari Selasa sampai Kamis.

 Pendalaman karakter mengenai keagamaan atau religi dilaksanakan pada hari Selasa dan dan Kamis. Hari Rabu di isi dengan pedalaman karakter dengan fokus kegiatan mengenai sharing pengalaman oleh guru-guru SMK 8 Surakarta. Sharing pengalaman ini ditujukan untuk memberi motivasi dan semangat kepada peserta didik guna bersungguh-sungguh dalam belajar serta memacu kreatifitas siswa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam mengahapi dunia kerja ataupun setelah lulus dari SMK N 8 Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan nilai religius dan kreatif melalui kegiatan pendalaman karakter di SMK Negeri 8 Surakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui studi pustaka dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan selama proses pelaksanaan kegiatan pendalaman karakter memberikan hasil berupa semangat siswa untuk mengembangkan kratifitas berupa keterampilan seninya, serta meningkatkan kesadaran menjalankan syariat beragama.

Full Text:

PDF

References

Astanto, Yustinus. 2010. Pendidikan Membunuh Pengetahuan: Kritik terhadap Kebijakan Pendidikan. dalam Ryadi, A. (Ed.). Filsafat dan Hal-hal yang Belum Selesai. Surabaya: Sang Timur.

Azzet, Ahmad Muhaimin. 2010. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftakhul. 2018. “Humanistic Learning in Folklore of Surakarta”. Proceeding of The 3rd Progressive and Fun Education International Seminar. http://repository.profunedu.id/index.php/proceeding/article/view/9

Kennedy, Paul. 1995. Menyiapkan Diri Menghadapi Abad Ke-21. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Maryadi, dkk. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: Badan PenerbitFKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyoningrum, Indri; dkk. 2018. “Struktur Sosial dalam Serat Yusuf dan Puisi Asmaradana Karya Goenawan Mohamad”. Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya V. http://hdl.handle.net/11617/9889

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yani, M. Turhan. 2011. “Pendidikan Karakter Berbasis Agama”, STAIN Pamekasan. Diakses pada tanggal 30 Agustus 2019 Pukul 10.20 WIB

Article Metrics

Abstract view(s): 99 time(s)
PDF: 110 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.