THE USE ENGLISH SONG TO IMPROVE STUDENTS’ PRONUNCIATIONS AT SMP NEGERI 2 GATAK SUKOHARJO

Adisti Nur Pratiwi(1*)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan mendengarkan lagu bahasa inggris yang sedang menjadi tren masa kini menjadi suatu upaya meningkatkan pronunciation siswa kelas VII di SMP 2 Gatak, Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian didiskripsikan dan dianalisis. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa 1) mendengarkan musik saja bisa berpengaruh baik untuk meningkatakan pronounciation siswa di SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo; 2) hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan benar siswa SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo; dan 3) upaya pihak sekolah untuk meningkatkan pronounciation bahasa inggris dengan baik dan benar.

Full Text:

PDF

References

Axtell, R. E. (1992). Do's and Taboos of Public Speaking: How to Get Those Butterflies Flying in.. wiley.

Bruce Tillitt, M. N. (1985). Speaking Naturally: Communication Skills in American English (Student's Book). Cambridge University Press.

Cardullo, B. (2008). Soundings on Cinema: Speaking to Film and Film Artists. State University of New York Press.

Dale Carnegie, J. B. (2007). The art of public speaking. Cosimo Classics.

Davidson, J. (2002). The Complete Guide to Public Speaking. wiley.

Editors, L. (2010). Public Speaking Success in 20 Minutes a Day (Skill Builders).

Frazier, R. L. Set Your Voice Free - Singing, Presentation and Public Speaking. little,brown.

Fuss, D. (1989). Essentially Speaking: Feminism, Nature & Difference. Routledge.

Gammidge, M. (2004). Speaking Extra Book and Audio CD Pack: A Resource Book of Multi-level Skills Activities. Cambridge University Press.

Hadfield, J. a. (2000). Oxford Basics Simple Speaking Activities. Oxford University Press, USA.

Hermawan, H. D., Deswila, N., & Yunita, D. N. (2018, July). Implementation of ICT in Education in Indonesia during 2004-2017. In 2018 International Symposium on Educational Technology (ISET) (pp. 108-112). IEEE.

Heyse-moore, L. (2008). Speaking of Dying: A Practical Guide to Using Counselling Skills in Palliative Care. Jessica Kingsley.

Huda, M; Ghazali̇, A; Si̇swanto, W; Hasanah, M. (2019). Cognitive Level of Characters in the Indonesian Novel as a Source of Learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7 (4), 931-952. DOI: 10.17478/jegys.623308;

Lenny Laskowski, P. L. (2001). 10 Days to More Confident Public Speaking. Grand Central Publishing.

M.S.W., J. E. (2000). In The SpotLight: Overcome Your Fear of Public Speaking and Performing. strong book.

Mandel, S. (2000). Effective Presentation Skills : A Practical Guide for Better Speaking (3rd ed.). Crisp Publications.

Meyer, J. (2004). The Secret Power of Speaking God's Word

Article Metrics

Abstract view(s): 369 time(s)
PDF: 280 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.