Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran

Eva Nur Handayani(1*), Laela Ismiyatin(2), Desti Setiyowati(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif humanis, karakteristik tindak tutur ekspresif humanis dalam interaksi pembelajaran. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Data dianalisis dengan menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik dasar pilah unsur penentu untuk mengklasifikasi jenis, bentuk dan fungsi, serta karakteristik tindak tutur ekspresif humanis dalam interaksi pembelajaran. Hasil penelitian, bentuk tindak tutur langsung terdapat modus imperatif, modus interogatif, dan modus deklaratif. Tindak tutur tidak langsung   terdapat   modus   Deklaratif-Imperatif,   Modus   Interogatif-Imperatif. Fungsi tindak tutur ekspresif humanis lebih mengacu pada tuturan pujian, kritikan dan saran, serta ucapan terima kasih.

Full Text:

PDF

References

ryanti, Dwi Lita dan Ida Zulaeha. 2017. Tindak Tutur Ekspresif Humanis Dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. SELOKA. Vol. 6, No.2 hlm 111-122.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi, M. 2004. Pragmatik: Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media. Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik . Semarang: IKIP Semarang Press. Safrihadi dan Hari Bakti Mardikantoro. 2017. Jenis dan Fungsi Pragmatis Tindak Tutur Masyarakat Melayu Dialek Sambas di Kota Singkawang.SELOKA. Vol.6, No. 1 hlm 59-67.

Sumarsono. 2007. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, Rini Dwi. 2015. Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar.Elementary. Vol 3, No. 1 hlm 135-155.

Suyono. 1990. Pragmatik Dasar-d asar dan Pengajaran. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang

Yule, G. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Article Metrics

Abstract view(s): 474 time(s)
PDF: 399 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.