Membentuk Karakter dan Disiplin Siswa melalui Pembinaan Apel Pagi

Aini Masruroh(1*), Novita Medika(2), Henri Kristiawati(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pembentukan karakter dan budi pekerti pada siswa melalui kegiatan apel rutin setiap pagi dan keefektifannya dalam mewujudkan karakter dan budi pekerti luhur yang baik pada siswa di SMK Negeri 6 Sukoharjo. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Data yang ada didalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dan guru yang ada di SMK Negeri 6 Sukoharjo. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan apel rutin setiap pagi di SMK Negeri 6 Sukoharjo  dapat digunakan sebagai sarana dan jalan yang efektif untuk membentuk dan menanamkan karakter serta budi pekerti yang baik pada anak seperti sikap disiplin, bertanggung jawab, sopan santun, nasionalisme serta saling menghargai terhadap sesama siswa dan menghormati kepada guru maupun temannya.

Full Text:

PDF

References

Afandi, M. Z. 2014. Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amreta, Midya Yuli. 2018. “Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhada Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 Nomor 1, edisi Januari-Juni 2018. Bojonegoro: IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Apriani, A. N., & Wangid, M. N. 2015. “Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD”. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aulina, C. N. 2013. “Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini”. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Sidoharjo.

Cahyaningsih, Eka. 2016. Membangun Karakter Pada Anak Melalui Kegiatan Apel Pagi Di SD Kraton. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Darma, Kesuma. 2013. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah.

Hartati, Siti. 2018. Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Di SMP Negeri 5 Terbanggi-Besar Lampung Tengah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Idi, A., Safarina. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Izmah, Nur Azatil. 2015. Efektivitas Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Pola Pembiasaan Di SMP Negeri 2 Pattallassang Kec. Pattallassang Kab. Gowa. Makassar: UniversitasNegeri Makassar.

Minsih, Diah., Honest. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-NilaiKeteladanan Guru, Siswa Dan Orang Tua Dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan

Muchram, G. R. F. 2012. “Pembinaan Sopan Santun Sebagai Upaya Membentuk

Akhlak Mulia Siswa: Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs YPI Al Islam Kab. Bandung”. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.

Muryaningsih, S., Mustadi, A. 2015. “Pengembangan RPP Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Di Kelas 1 SDN 2 Sokaraja Tengah”. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190 - 201. Yogyakarta: Universitas.

Article Metrics

Abstract view(s): 148 time(s)
PDF: 12 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.