Penerapan E-Learning dalam Efisiensi Belajar Siswa

Muh Jauhar Nafis(1*), Heni Ramhawati(2), Eki Fajarwati(3), Achmat Fathoni(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

E-Learning merupakan suatu sistem pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.  E-Learning memiliki tujuan dalam efisiensi proses belajar. Efisiensi yang di harapkan oleh SD Muhammadiyah  1  Surakarta  yaitu  efisiensi  waktu  belajar  dan  efisiensi dalam  penggunaan  kertas.  E-Learning  SD  Muhammadiyah  1  Ketelan Surakta merupakan pembelajaran  yang  memanfaatkan teknologi berbasis WEB. Dalam aplikasi E-Learning ini memiliki 3 aktor yaitu admin, guru, siswa. Admin bertugas sebagai pengelola aplikasi E-Learning mengatur jalannya aplikasi agar dapat berjalan dengan baik, guru memberikan materi serta tugas yang dikerjakan oleh siswa, sementara siswa akan mengerjakan tugas yang diunggah oleh guru dan mengunduh materi yang telah diunggah oleh guru. Aplikasi E-Learning sebagai penunjang kegiatan belajar, karena sekolah mampu melakukan kegiatan belajar tidak hanya mengajar dengan menggunakan media non-teknologi tetapi sekolah juga dapat menggunakan media teknologi dalam proses pemeblajaran. Dengan adanya pembelajaran melalui website  E-Learning  di SD Muhammadiyah 1  Ketelan Surakarta mampu menambah wawasan serta pengetahuan guru maupun siswa. Penelitian ini dilakukan untuk  mengetahui Penerapan E-Learning Dalam Efisiensi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

Full Text:

PDF

References

Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Chandrawati,Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan Vol.8.No.2. September 2010:101-203.

Ardiansyah, H (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dan Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pesrta Didik. Skripsi FPEB UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan

Article Metrics

Abstract view(s): 126 time(s)
PDF: 80 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.