Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran dengan Metode Tsaqifa

Muhammad Amir(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Penerapan kegiatan tahsin tahfidzul quran dengan metode tsaqifa dalam pembelajaran Alquran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. (2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tsaqifa, serta (3) Hasil dalam kegiatan tahsin dan tahfidzul quran menggunakan metode tsaqifa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran mata pelajaran   Alquran   di   SMK   Muhammadiyah   3   Surakarta.   Objek penelitian ini adalah hasil dari metode pengajaran  yang digunakan guru dalam pembelajaran Alquran. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Implementasi metode tahsin dan tahfidzul qurna dengan metode tsaqifa dalam pembelajaran membaca Alquran disesuaikan dengan tingkat bacaan siswa dan tetap menggunakan strategi dan metode pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah secara individual, baca simak, tutor sebaya dengan  menggunakan    metode  tsaqifa,  adalah metode ini  dirancang khusus  untuk  orang  yang  belum  pernah  belajar  Alquran  atau  yang pernah belajar tetapi masih terbata-bata bacaannya. Faktor penghambat yaitu masih banyaknya kemampuan bacaan Alquran masih terbata-bata, kurangnya ketertarikan untuk belajar Alquran, dan kurangnya sarana prasarana. Faktor pendukung yaitu faktor internal adalah faktor yang muncul  dari  pribadi  siswa sendiri,  dan  faktor  eksternal  yaitu  faktor keluarga, institusional, dan lingkungan sekolah. Untuk mengatasi setiap permasalahan atau faktor penghambat tersebut masih dikaji untuk ditemukan solusi yang tepat. Pengkajian dilakukan melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dan Pimpinan atau Kepala Sekolah.

Full Text:

PDF

References

Abdul Qawi. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Quran Melalui Metode Talaqqi di MTSN Gampong Teungah Aceh Utara. Jurnal Islam Futura,16(2). 265-283. http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/download/1327/1150

Ahmad Fatah. 2014. Dimensi Keberhasilan Pendidikan Islam Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2): 335-356. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/779

Ali Muhsin. 2017. Pengaruh TPA Terhadap Peningkatan Program Tahfidz

Quran di SMP Al Islam Mojokerto. Jurnal Kuttab, 1(2): 216-224. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/KUTTAB/article/view/114

Aliwar. 2016. Penguatan Tahsin Tahfidz dalam Pembelajaran Baca Tulis Al- Quran. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1). 21-37. http://ejornal.iainkendari.ac.id/al- tadib/article/download/500/486

Asmani. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Bobi Erno Rosadi. 2018. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 10(2): 268-282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/intiqad

Cucu Susianti. 2016. Efektifitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 2(1): 1-19. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas- siliwangi/article/download/305/226

Evinna dan Arnold. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2): 25-29. http://journal.stikipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/262

Eny dan Febi. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Jurnal Ciastech, 2(1): 1-9. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal- v2/index.php/ciastech/article.viewFile/630/582

Haedar Nashir. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: MultiPressindo.

Jamhuri. 2016. Penggunaan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa di SMK Dewantoro Purwosari. Jurnal El Murabbi, 1(2). 201-216. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/download/395/300

Muhammad Iqbal Ansari. 2017. Pelaksanaan Karantina Tahfidz Al-Quran 30 Hari untuk Siswa Sekolah Dasar di Banjarmasin. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2): 1-18. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimun

Muhammad Sadli Mustafa. 2012. Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di Madrasah Tahfidz Al-Quran Al-Imam ‘Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Jurnal Al Qalam, 18(2): 245-252.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rafi Andi Wibawa. 2018. Pendidikan Baca Tulis Al-Quran di SMK Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). 182-189. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa

Saiful Habib. 2016. Pengembangan Tahsin Tahfidz Al Quran Berbasis Web di SMA Ihsanul Fikri. Jurnal Pendidikan, 20(1): 1-7. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pai/article/viewFile/4725/pdf

Srijatun. 2017. Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran dengan Metode Iqro pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1). 26-42.

Syarif, Rahendra dan Agus. 2018. Implementasi Metode Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Hunafa Anak Shaleh dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan. Jurnal Prosa PAI, 1(1): 75-87.

Tamrin. 2016. Pola Pembinaan Tahsin Al-Quran di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Rausyah Fikr, 12(2): 316-350. . http://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/rsy/article/download/87

Umar. 2017. Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di SMP Luqman Al- Hakim. Jurnal Tadarus, 6(1): 1-21. http://journal.um- surabaya.ac.id/indez.php/Tadarus/article/download/934/pdf

Wiwik Anggranti. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran di SMP Negeri 2 Tenggarong. Jurnal Intelegensia, 1(1). 106-119.

Yuanita dan Romadon. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Al Quran Siswa SDIT Al Bina Pangkalpinang. Jurnal JPSD, 5(1):1-6. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/download/12577/6235

Zulfitria. 2017. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Quran dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2): 124-134. http://journal.umtas.ac.id/index.php/naturalistic/article/download/9/15

Article Metrics

Abstract view(s): 90 time(s)
PDF: 88 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.