Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo

Choiriyah Widiasari(1), Humaam Almahi(2*), Dewi Prasetyoningrum(3), Nisa Laili Rohmatika(4), Evera Niara Sendy(5), Yudhistira Laksamana Satria(6), Jati Ayu Nurma Permatasari(7), Rosalia Tunika Grandis(8), Ara Reda Astara(9), Muhammad Edi Kurniawan(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Dengan adanya program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga Tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung  juga harus mampu menjadi suri tauladan bagi siswanya. Kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) paling tidak mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Kesemuanya ini akan lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.

Keywords

pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik

Full Text:

PDF

References

Adyanto, P. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menjadi Lebih Mandiri Melalui Bermain Bahan Alam. Almufida.

Asti, B.M. 2009. Fun Outbound, Jogjakarta: Diva Press.

Djamaludin, Ancok. (2003). Outbound Management Training. Yogyakarta: UII

Halida. (2012). Penerapan Model Networked Jejaring dalam Pembelajaran Terpadu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Hidayati, E. (2008). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Psikomotorik Anak Usia 3-5 Tahun DI Desa Sarirejo Kec Guntur Kab Demak. Jurnal Keperawatan.

John W Santrock. (2012). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Moh Fauziddin (2018) Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 Issue 2 (2018) Pages 162-169

Purnama, S. (2016). Materi-materi pilihan dalam parenting education menurut Munif Chatib. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 1-16. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1245

Rakhmawati, I. (2015). Mengembangkan Kecerdasan Anak Melalui Pendidikan Usia Dini. Smp 1 Undaan Kudus.

Ratih, K., Prayitno, H. J., Sutopo, A., Tamatea, L., & Syahriandi, M. (2019). Preparing for Quality EFL Teachers: The Disjuncture Between Policies and Practice in The Internet Communication Technology (ICT) Use in Classroom Context.

Selfa Maryanti, (2019) Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1), 22-31.

Article Metrics

Abstract view(s): 1029 time(s)
PDF: 4375 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.