Implementasi Bimbingan Penggunaan Komputer terhadap UNBK Kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko, Wonogiri

Naufal Ishartono, Trisna Aditya Wardana, Nurul Afifah, Ika Wulansari Maikristiani, Annisa Apriliaddina, Neva Kharisma Paranedya Putri, Syiffa Ghaisani Vanda Pramesti, Tunjung Nala Puti, Rochmat Agung Nurdianzah, MB Dian Khusnul Hidayat

DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10777

Abstract

Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah sebuah terobosan yang dilakukan oleh Pemerinta Indonesia dalam meningkatkan mutu ujian di Indonesia. Adapun masalah yang terjadi adalah seberapa siapkah siswa dalam menghadapi ujian nasional menggunakan computer, oleh karena itu diperlukan sebuah pelatihan penyesuaian kepada siswa untuk terbiasa dengan computer sebagai persiapan UNBK. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menggunakan komputer untuk mempersiapkan UNBK. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan menggunakan bimbingan secara langsung kebpada siswa. Adapaun hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah secara tidak langsung implementasi bimbingan penggunaan komputer pada siswa kelas 9 SMP Muhammadiyah 7 Eromoko tersebut dapat membantu siswa agar lebih mahir dalam mengoperasikan komputer sebagai basis dalam UNBK. Siswa lebih mudah beradaptasi dengan alat alat komputer dan tidak merasa kebingungan dengan peralatan komputer yang disediakan.

Keywords

berbasis komputer; implementasi; pendidikan; ujian nasional

Full Text:

PDF

References

Elmasari, Y. 2017. Pengaruh Bimbingan Guru Teknik Informatika Terhadap Kesiapan Siswa Dalam Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. JIPI. Vol. 02., No. 02., Desember 2017., Hal. 128-132.

Flick, U., Kardorff, E. V., & Steinke, I. (2004). A Com-panion to Qualitative Research. (SAGE Publi). London.

Negara, H. R. P., Santosa, F. H., Bahri, S. 2017. Peningkatan Kompetensi Ict Guna Simulasi Unbk Siswa Mts Nurul Ihsan Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Masyarakat Mandiri. Vol.1., No. 1., Hal 1-9.

Organization World Health. (2020). Coronavirus Dsease 2019 (Covid-19): Situation Report - 21 in Indone-sia. Retrieved from https://www.who.int/docs/default-source/searo/indonesia/who-situation-report-2146ed3282e0f34f1d9dbda4971c5a2a9d.pdf?sfvrsn=21e7d02_2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Santi, M., Prajana, A. 2018. Analisis Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer dengan Ujian Berbasis Kertasdi SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan TeknologiInformasi.Vol. 2., No. 2., Oktober 2018., Hal. 84-91.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama. penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial, 14(1), 11-24.

Sunandar, D., Vindua, R., Nurhayati., Putri, S. R., Muiz, A. 2020. Pelatihan Sistem Komputerisasi untuk Menghadap iUNBK 2020 Pada Santri – Santridi PondokPesantren Al Inayah. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika. Vol. 1., No. 1., Hal. 26-32.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. “5.667 Siswa SMP/Mts Ikut Ujian Nasional di Aceh Besar.” [Online]. Available: http://humas.acehbesarkab.go.id/5-667-siswa-smpmts-ikut-ujian-nasional-diaceh-besar/. [Accessed: 04-Aug-2017].

Ula, S. M., Nawangsari, E. R. 2017. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Computer Based Test, CBT) di SMP Negeri 1 SidoarjoKabupatenSidoarjo. Jurnal Dinamika Governance FISIP UPN Veteran Jatim. Vol. 7., No. 1., April 2017, Hal. 1-12.

W.O,Chendrasari., Natalia, C., Inderawati, MM.W. 2019.Pendampingan Persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Mtss Nurul Huda, Desa Sampora, Banten. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia. Vol. 2, No. 1, Mei 2019, Hal. 155-161.

Article Metrics

Abstract view(s): 35 time(s)
PDF: 31 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.