Pengembangan Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten

Ryan Rizki Adhisa(1), Muhammad Arfian(2*), Gilang Cahyo Purnomo(3), Virtu Femma Virgina(4), Lina Azhar(5), Widya Kusumawati(6), Venia Dwi Wandira(7), Tri Handayanti(8), Emilya Nur Hidayanti(9), Farida Tri Handayani(10)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Setiap siswa berhak untuk memiliki prestasi dan kemampuan akademik yang baik. Siswa dalam mencapai keberhasilan tersebut, membutuhkan dorongan dari dalam diri siswa dan dari luar dirinya. Bimbingan belajar merupakan salah satu usaha untuk mendorong siswa mencapai prestasi yang baik. Siswa di Desa Juwiran, kecamatan Juwiring, Klaten menunjukkan semangat belajar yang tinggi, akan tetapi masih kurang dukungan dan dorongan dari luar pribadi siswa. Kedua faktor tersebut, harus terpenuhi guna meningkatkan hasil belajar dan tingkat percaya diri siswa secara optimal. Kegiatan bimbingan belajar yang diadakan secara rutin dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahan belajar mereka, melalui metode pembelajaran yang serius namun santai dan menyenangkan. Pengabdian ini dilaksanakan mahasiswa di posko KKN-Dik FKIP UMS Desa Juwiran. Kegiatan ini efektif membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan di sekolah, meningkatkan hasil belajar siswa, dan juga rasa percaya diri saat mengikuti pelajaran.

Keywords

bimbingan belajar; kemampuan akademik siswa; prestasi siswa

Full Text:

PDF

References

Abdullah, D. (2016). Bimbingan Belajar Bagi Siswa Berkesulitan Membaca. JURNAL SULOH: Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Unsyiah, 1(1).

Barus, T. A. B. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Siswa Yang Tidak mengikuti Bimbingan Belajar. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 135–141.

Hadini. (2013). Psikologi subjek didik dalam pandangan ibnu sina. Jurnal.Ar-Raniry, 3, 264–281. https://doi.org/10.22373/jm.v3i2.192

Ishartono, N., Alfian, I. A., & Firdaus, N. (2016). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Untuk Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Sukoharjo. The 4th University Research Coloquium 2016, 264–270. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7705

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2020). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48–56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269

Kartono, K. (2003). Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanaannya. Jakarta: Rajawali Bina Aksara.

Munandir. (2003). Program Bimbingan Karier di Sekolah.

Noor, R. A., & Ulfa, R. M. (2016). Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Pontianak Terhadap Lembaga Bimbingan Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).

Nurlinggasari, D. (2017). Hubungan Bimbingan Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Biologi. Jurnal Bioterdidik, 5(7).

Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Gahlia Indonesia.

Rasam, F., Interdiana, A., Sari, C., Program, D., Pendidikan, S., Universitas, E., … Kunci, K. (2018). Peran Kreativitas guru dalam penggunaan media belajar. Research and Development Journal Of Education, 5(1), 95–113.

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., … Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel, W. S. (2004). Bimbingan dan konseling di Institut Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Article Metrics

Abstract view(s): 842 time(s)
PDF: 823 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.