Penguatan Nilai dan Karakter Nasionalisme melalui Lagu Wajib Nasional di MI Muhammadiyah Tanjungsari, Boyolali

Koesoemo Ratih, Djoko Srijono, Gilang Yudha Laksono, Ayuana Kartika Dewi, Bacharuddin Jusup, Friska Fitriyani, Alfi Uswatun Hasanah, Kun Farida, Meylani Eko Pramesti, Nina Putri Styaningsih, Siti Mubarokatut Darojati, Winda Mirwanti

DOI: https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10793

Abstract

Lagu wajib nasional sering juga disebut lagu perjuangan karena setiap lirik lagunya terdapat makna yang mengandung berbagai peristiwa sejarah penting bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Lagu wajib nasional dapat dimanfaatkan dalam penanaman nilai dan karakter nasionalisme karena kandungan sejarahnya dan juga berbentuk lagu sehingga mudah untuk dihafalkan. Namun, kenyataan di lapangan banyak pendidik terutama guru kurang maksimal dalam memanfaatkan lagu wajib nasional untuk menanamkan nilai dan karakter nasionalisme pada siswa. Tim KKNDik FKIP UMS ingin memanfaatkan lagu wajib nasional dengan cara yang efektif dan kreatif guna meningkatkan Nilai dan Karakter Nasionalisme. Jenis pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatori. Tim melakukan analisis situasi di lapangan yang dilanjutkan dengan penerapan tindakan. Hasil pengabdian  ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan lagu nasional dengan cara yang efektif dan kreatif akan meningkatkan nilai dan karakter nasionalisme Siswa MIM Tanjungsari Boyolali

Keywords

KKNDik; lagu wajib nasional; nasionalisme;

Full Text:

PDF

References

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartini, H., & Yunianto, T. H. E. (2017). Peran Lagu Wajib Nasional “Bagimu Negeri” dalam Implemen-tasi Pembelajaran Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Da-sar, 1(2a).

Muliati, B. & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa melalui Lagu-lagu Patriotik bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/viewFile/61/58

Printina, B. I. (2017). Strategi Pembelajaran Sejarah Ber-basis Lagu-lagu Perjuangan dalam Konteks Kesadaran Nasionalisme. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 7(01).

Setyawati. Rukni (2013).Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3483/15_Bahasa%20Indonesia%20Sebagai%20%20Jati%20Diri%20Bangsa%20Indonesia.pdf;sequence=1

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pen-dekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ban-dung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendeka-tan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Ban-dung: Remaja Rosdakarya

Article Metrics

Abstract view(s): 51 time(s)
PDF: 38 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.