PENGARUH E-COMMERCE KNOWLEDGE, RISIKO, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN NIAT BELI ONLINE
Sanda Kharoma Suciana(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) e-commerce knowledge, risiko dan teknologi terhadap kepercayaan. 2) persepsi teknologi terhadap niat pembelian. 3) kepercayaan terhadap niat pembelian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 148 responden dengan metode incidental sampling. Alat analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) e-commerce knowledge tidak mempengaruhi kepercayaan. 2) Persepsi Risiko berpegaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. 3) Persepsi teknologi tidak mempengaruhi kepercayaan. 4) Persepsi teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. 5) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Barnes, James G. 2003. Secrets of Customer Relationship Managemen. Yogyakarta: Andi
Durianto, dkk. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fitriyana el al. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Menggunakan Struktural Equation Modeling. Jurnal Gausian. Vol.2 No.2
Fenny. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta
Ferdinand, A. 2002. Struktural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ferdinand, A. 2006. Struktural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Geven, Karahanna, Straub. (2003). “Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model”. Management Information System Research Center. Vol. 27 No.1
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Haryono dan Wardoyo. 2012. Struktural Equation Modelling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos. Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.
Hair et al. Multivarate Data Analysis. New Jersey: Prentice Hall
Jalilvand, Neda, Samiei. (2012). “The Effect of electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention. Journal of Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 No.4
Joreskog dan Sorbom. 1996. Lisrel 8: Users References Guide. SSI: Inc.Chicago
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Prenhallindo
Kotler, Philip 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Bumi Aksara
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks
Article Metrics
Abstract view(s): 335 time(s)PDF: 1647 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.