PENGARUH E-COMMERCE KNOWLEDGE, RISIKO, DAN TEKNOLOGI TERHADAP KEPERCAYAAN DAN NIAT BELI ONLINE

Sanda Kharoma Suciana

DOI: https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i2.5382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) e-commerce knowledge, risiko dan teknologi terhadap kepercayaan. 2) persepsi teknologi terhadap niat pembelian. 3) kepercayaan terhadap niat pembelian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 148 responden dengan metode incidental sampling. Alat analisis data menggunakan Struktural Equation Model (SEM). Hasil pengujian instrumen menyimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: 1) e-commerce knowledge tidak mempengaruhi kepercayaan. 2) Persepsi Risiko berpegaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. 3) Persepsi teknologi tidak mempengaruhi kepercayaan. 4) Persepsi teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli. 5) kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Barnes, James G. 2003. Secrets of Customer Relationship Managemen. Yogyakarta: Andi

Durianto, dkk. 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Fitriyana el al. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Menggunakan Struktural Equation Modeling. Jurnal Gausian. Vol.2 No.2

Fenny. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta

Ferdinand, A. 2002. Struktural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ferdinand, A. 2006. Struktural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Geven, Karahanna, Straub. (2003). “Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model”. Management Information System Research Center. Vol. 27 No.1

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Haryono dan Wardoyo. 2012. Struktural Equation Modelling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos. Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.

Hair et al. Multivarate Data Analysis. New Jersey: Prentice Hall

Jalilvand, Neda, Samiei. (2012). “The Effect of electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention. Journal of Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 No.4

Joreskog dan Sorbom. 1996. Lisrel 8: Users References Guide. SSI: Inc.Chicago

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Prenhallindo

Kotler, Philip 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Bumi Aksara

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Refbacks

  • There are currently no refbacks.