ANALISIS PENGEMBANGAN ORGANISASI MELALUI PROSES DIAGNOSA DENGAN MODEL WEISBORD

H Hardiyansyah, Ade Firmansyah

DOI: https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i2.5514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan diagnosa dan pengembangan organisasi terhadap Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Berdasarkan hasil diagnosa organisasi terhadap KP2KP Indralaya dengan menggunakan 6 variabel model Weisbord diperoleh nilai rata-rata untuk seluruh variabel sebesar 4,10, sehingga organisasi KP2KP Indralaya secara keseluruhan dapat dikatakan baik atau tidak bermasalah bahkan mendekati kondisi sangat baik. Untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan, organisasi KP2KP Indralaya memperoleh klasifikasi sangat baik. Sedangkan untuk variabel struktur organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja memperoleh klasifikasi baik atau tidak bermasalah. Dengan demikian, organisasi KP2KP Indralaya perlu melakukan restrukturisasi organisasi, penghargaan dan mekanisme tata kerja dengan mencari solusi atas semua kendala yang menghambat kinerja organisasi KP2KP Indralaya dan tetap mempertahankan kinerja untuk variabel tujuan, tata hubungan dan kepemimpinan sehingga secara keseluruhan organisasi KP2KP Indralaya akan memperoleh klasifikasi sangat baik

Keywords

pengembangan organisasi; diagnose; weisbord

Full Text:

PDF

References

Hardiyansyah, 2010. Analisis Pengembangan Organisasi Pendidikan Tinggi Swasta dengan model Weisbord. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 10, Nomor 1, Januari 2010: 25 – 36.

Hubeis, Musa dan M. Najib. 2008. Manajemen Strategis dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Keban, Yeremias T. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik. Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Laksuni Fitriani, 2007. Kepemimpinan dan Pelayanan dalam Organisasi Publik. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol.IV No.4, 387, STIA LAN Bandung.

Mohammad Firdaus, 2006. Struktur Informal Organisasi: Potensi Organisasi yang terabaikan. Jurnal Administrasi Negara STIA LAN Makasar, Vol 12 No.4, 36.

Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Thoha, Miftah. 2002. Pembinaan Organisasi (Proses Diagnosa dan Intervensi). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi (Konsep, Dasar, dan Aplikasinya). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.