Analisis Pengaruh Budaya Kaizen Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Reward Sebagai Variabel Moderasi Dalam Rangka Penguatan Daya Saing Bisnis

Erix Irvan Pamungkas(1*), Rosaly Franksiska(2)

(1) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(2) Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
(*) Corresponding Author

Abstract

Every company has its own organizational culture, in which the organizational culture will affect the employee performance and also company performance. Kaizen culture originated from Japan is a culture of continuous improvement with low cost and the impact can be felt in the future. If the Kaizen culture combined with reward will also be able to improve the employee performance. The purpose of this research is to analyze the influence of Kaizen culture to employee performance with reward as a moderating variable. This a quantitative exploratory research using Moderated Regression Analysis (MRA). The data collection method is using questionnaire, with sample of 93 respondents of warehouse department of PT SM Karangjati, Semarang. The result of this study indicated that Kaizen culture influence employee performance and reward can moderate or strengthen the impact of Kaizen culture on employee performance.


Keywords

Kaizen culture, Employee Performance, Non-Financial Reward, Financial Reward

Full Text:

PDF

References

Angela, A. 2014. Pengaruh Implementasi Total Quality Management terhadap Kinerja Bank Umum dengan Budaya Organisasi dan Sistem Penghargaan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi, Vol.6 No.2 November 2014: 42-58.

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Creswell, J. W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Demokrat, S. N. 2011. Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderating, Studi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. http://eprints.uns.ac.id/10413/1/186401111201111531.pdf. (Diakses 10 Juni 2017).

Dessler, G. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: PT Indeks.

Devi, E. K. 2009. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Intervening (studi pada karyawan outsourcing PT Sumeru Karya Buana Semarang). http://eprints.undip.ac.id/17249/1Eva_Kris_Diana_Devi.pdf. (Diakses 16 Juli 2017).

Fajarrini P. Hakam Danti, M. S. 2014. Pengaruh Kompenasi terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan CV. Sejahtera, Pakisaji, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 9 No. 2 April 2014.

Imai, M. 1998. Gemba Kaizen: Pendekatan Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada Manajemen. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Kadarisman, M. 2012. Manajemen Kompensasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kuncoro, P. M. 2011. Metode Kuantitatif, Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UUP STIM YKPN.

Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, volume XIV, No.2, Juli 2009: 90-97.

Mariam, R. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja Karyawan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia). http://eprints.undip.ac.id/18830/1/RANI_MARIAM.pdf. (Diakses 1 Juli 2017).

Melindasari, I. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan P. Federal International Finance (FIF) Gresik. http://library.uwp.ac.id/digilib/files/disk1/11/--iinmelinda-508-1-01100000-4.pdf. (Diakses 18 Juni 2017).

Mohamamad Ariful Hakim, M. A. 2016. Pengaruh Budaya Kaizen terhadap Motivasi dan Kinerja,Studi pada Karyawan PT Semen Indonesia Tbk. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 35 No. 1 Juni 2016.

Moorhead, G. 2013. Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyawati, F. 2015. Pengaruh Budaya Kaizen terhadap Kinerja Karyawan PT. Gistex Garmen Indonesia. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6287. (Diakses 1Juli 2017).

Nathania, C. 2016. Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PD Damai Motor Bandar Lampung.http://digilib.unila.ac.id/21500/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf. (Diakses 1 Juli 2017).

Noe, R. A. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Mencapai Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Putro, S. E. 2010. Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial dengan Sistem Penghargaan (reward) sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Media Mahardika, Vol. 8 No.3 Mei 2010.

Rahmalia Sari, M. M. 2012. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makasar. Jurnal Analisis, Juni 2012, Vol.1 No.1 : 87 – 93.

Reza, R. A. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Sinar Santosa Perkasa Banjarnegara. http://eprints.undip.ac.id/24466/1/skripsi-REGINA_ADITYA_REZA.pdf. (Diakses 22 Juli 2017)

Rohman, M. 2016. Pengaruh Budaya Kaizen terhadap Kinerja Karyawan MPM Insurance Palembang. http://repo.iba.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=417&bid=954Skripsi. (Diakses 1 Juli 2017).

Ruslianto. 2013. Penerapan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S) di Workshop PT. Hino Motors Sales Indonesia. http://eprints.uny.ac.id/20184/1/RUSLIANTO_09504241024.pdf. (Diakses 22 Juli 2017).

Sari, E. V. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/16120/1/TA%20complete.pdf. (Diakses 10 Juni 2017).

Sinaga, M. 2008. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Reward terhadap Kinerja karyawan pada PT. Soelong Laoet Medan. http://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/39128331/ANALISIS _PENGARUH_BUDAYA_ORGANISASI_DAN_REWARD_TERHADAP_KINERJA_KARYAWAN_PADA_PT._SOELONG_LAOET_MEDAN.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1501423106&Signature=L7a1bcYs6QYJKV0n%2BaP9cixTZVc%3D&response-contentdisposition=inline%3B%20filename%3DANALISIS_PENGARUH_BUDAYA_O RGANISASI_DAN.pdf. (Diakses 10 Juni 2017)

Sinambela, P. D. 2012. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryoadi, Y. 2012. Pengaruh Pelatihan dan Kepuasan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang. http://eprints.undip.ac.id/35556/1/Skripsi_SURYO ADI.pdf. (Diakses 1 Juli 2017).

Tangguh, E. N. 2015. Peran Semangat Kerja sebagai Mediasi pengaruh Budaya 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsi, dan Shitsuke) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Kerja pada PT. Sariguna Prima Tirta cabang Jember. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/ 66793/EDWIN%20NOVIANTO%20T.,S.Si%20-%20130820101053.pdf?sequence=1Tesis. (Diakses 22 Juli 2017).

Tarigan, A. F. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kinerja Pegawai dalam Organisasi Sektor Publik. http://eprints.undip.ac.id/29361/1/Skripsi003.pdf. (Diakses 18 Juni 2017).

Wibowo, P. D. 2013. Manajemen Kinerja. edisi ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Yusuf, P. D. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zamzami. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Ditinjau dalam Pandangan Syari’ah di Restoran Abdullah HAR Cabang Palembang. INTELEKTUALITA, 5(1), 67-80.

Alamat web:

http://edukasi.kompas.com/read/2015/06/05/08000031/.Kaizen.Filosofi.Gelas.Setengah.Kosong. (diakses 18 Juni 2017).

Article Metrics

Abstract view(s): 2292 time(s)
PDF: 4643 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.