Analisis Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Makanan dan Minuman di Warung Hik

Muzakar Isa(1*), Ahmad Mardalis(2), Liana Mangifera(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan konsumen dalam membeli makanan dan minuman di warung HIK. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di wilayah Kota Surakarta dan sekitarnya yang pernah menikmati layanan warung HIK di Kota Surakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil menggunakan wawancara terstruktur dengan bantuan kuesioner. Analisis data yang diggunakan adalah analisis regresi berganda. Simpulan penelitian ini adalah kualitas makanan, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman di warung HIK, sedangkan lokasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di warung HIK di Kota Surakarta. Pelaku usaha warung HIK harus meningkatkan kualitas produk dengan mempertimbangkan harga yang sesuai serta melakukan promosi sehingga dapat bersaing dengan warung HIK lainnya.

Keywords

Keputusan Pembelian, Wisata, Kuliner

Full Text:

PDF

References

Abubakar, R. (2005). Pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada jamu di Banda Aceh. Jurnal Sistem Teknik Industri, 6(3), 54-62.

Ahmad, A., Noor, S. M., & Wel, C. A. C. (2014). Factors influencing consumers' purchase decision of private label brand products. International Journal of Economic Practices and Theores, 4(2), 101-110.

Alfred, O. (2013). Influences of price and quality on consumer purchase of mobile phone in the kumasi metropolis In Ghana a comparative study. European Journal of Business and Management, 5(1), 179-199.

Andaleeb, S.S., & Conway, C., (2006). Customer satisfaction and the restaurant industr y: an examination of the transaction-specific model. Journal of Services Marketing, 20(1), 3-11.

Andreti, J., Zhafira, N. H., Akmal, S. S., & Kumar, S. (2013). The analysis of product, price, place, promotion and service quality on customers' buying decision of convenience store: a survey of young adult in Bekasi, West Java, Indonesia. Inter national Jour nal of Advances in Management and Economics, 2(6), 72-78.

Ariffin, H.F., Bibon, M.F., & Abdullah, R.P.S. R. (2011). Restaurant's atmospheric elements: what the customer wants. Journal of Asian Behavioural Studies, 1(2), 33-43.

Babin, B.J., Lee, Y., Kim, E., Griffin, M., (2005). Modeling consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing. 19(3), 133-139.

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Proses SPSS, BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Hair J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2009). Multivariate data analysis, 7th Edition. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall.

Hartono, K. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loya lit a s pel ang g an McDonald's basuki rahmat Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1-20.

Isa, Muzakar. 2016. Model Penguatan Kelembagaan Industri Kreatif Kuliner Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Daerah. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis & Call For Paper FEB UMSIDA 2016, 352-361.

Islam, Md. M., Islam, M. M., Azim, A. Y. M. A., Anwar, Md. R. & Uddin, Md. M. (2014). Customer perceptions in buying decision towards Bangladeshi local apparel products. European Scientific Journal, 10(7), 482-497.

Jahanshahi, A. A., Gashi, M. A. H., Mirdamadi, S. A., Nawaser, K., & Khaksar, S. M. S. (2011). Study the effects of customer service and product quality on customer satisfaction and loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 253-260.

Kenesei, Z. & Todd, S. (2003). The use of price in the purchase decision. Journal of Empirical Generalisations in Marketing Science, 8, 1-21. Kotler, P. & Gary, A. (2007). Principles of marketing. Prentice-Hall International, Inc: New Jersey.

Kuncoro, Mudrajad, 2001, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi, UPP AMP YKPN, Edisi Pertama, Yogyakarta.

Latiff, Z.A., Mohamed, Z.A., Rezai, G. & Kamaruzzaman. (2013). The impact of food labeling on purchasing behavior among non-muslim consumers in Klang Valley. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(1), 124-128.

Pecotić, M. Bazdan, V. & Masardžija, J. (2014). Interior design in restaurants as a factors influencing customer satisfaction. RIThink, 4, 10-14.

Sabir, R.I., Ghafoor, O., Hafeez, I., Akhtar, N., & Rehman, A.U. (2014). Factors affecting customers satisfaction in restaurant industr y in Pakistan. International Review of Management and Business Research. 3(2):869-876.

Saeroji, Amad, dan Wijaya, Deria Adi. 2017. Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta. Jurnal Pariwisata Terapan, No. 1, Vol. 1, 2017

Saidani, B., Rachman, M. A. & Rizan, M. (2013). Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga futsal adidas di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(2), 201-217.

Samuel, H., Kosasih, A.V., & Novia, H. (2007). Perilaku dan keputusan pembelian konsumen restoran melalui stimulus 50% discount di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2), 73-80.

Wajdi, M. Farid dan Isa, Muzakar 2014. Membangun Konsep Modal Manusia Yang Berperanan Dalam Kinerja Pemasaran Industri Kecil, Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper, Research Methods And Organizational Studies, ISBN: 978-602-70429-1-9, Hlm. 452-464

Article Metrics

Abstract view(s): 7231 time(s)
PDF: 5110 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.