ANALISIS KOMPARASI KEPUASAN KONSUMEN YANG MEMBELI SMARTPHONE CHINA PADA GERAI RESMI DAN BLACK MARKET

Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan tempat pembelian smartphone terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli smartphone China. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan mengambil total 200 responden untuk konsumen yang membeli smartphone China di gerai resmi dan 200 responden untuk konsumen yang membeli smartphone China di black market. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi lapangan berupa kuesioner secara personal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji beda (independent sample T-test). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini memiliki beberapa temuan, pertama yaitu persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China, yang kedua yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China, yang ketiga adalah tempat pembelian smartphone berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang membeli smartphone China. Hasil yang terakhir ialah terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang dirasakan konsumen pembeli smartphone China di gerai resmi dengan konsumen yang membeli smartphone China di black market.

Keywords

Consumer Satisfaction; Product Quality; Price Perception, Marketplace

Full Text:

PDF

References

Ackaradejruangsri, Pajaree. 2013. The Effect of Product Quality Attributes on Thai Consumers’ Buying Decisions. Journal of Asia Pacific Studies, 33.

Akkucuk, Ulas and Javad Esmaelli. 2016. The Impact of Brands on Consumer Buying Behavior: An Empirical Study on Smartphone Buyers. Journal of Research in Business & Social Science, 5(4), Pp. 01-16.

Amilia, Suri dan M. Oloan Asmara. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6 (1), Pp. 660-669

Amiruddin dan Zainal Azikin. 2008. Pengantar Metodologi Penelitian Hukum Teknologi Informasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. 2018. Penduduk Indonesia Menurut Provinsi. https://www.bps.go.id/Subjek/ view/id/12#subjekViewTab3|accordion-daftar-subjek1. (Diakses pada 9 Februari 2019)

Ball, R. and L. Shivakumar. 2005. Earnings Quality in UK Private Firms: Comparative Loss Recognition Timeliness. Journal of Accounting and Economics, 39, Pp. 83-128.

Brata, B. H., et al. 2017. The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, (2), Pp. 433-445.

Cravens, W. David. 2008. Strategic Marketing. Jakarta: Erlangga.

Hustić, Ivana and Iva Gregurec. 2015. The Influence of Price on Customer’s Purchase Decision. Central European Conference on Information and Intelligent Systems, Pp. 27-32.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Index Kelompok Gramedia.

___________. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Opusunju, Michael Isaac and Y. C. Ojeleye. 2017. Current Price and It Effects on Consumer Purchase Decision in Ikot Ekpene Main Market, Akwa Ibom State. International Journal of Economics and Socio-Legal Sciences, 2 (6), Pp. 1-14.

Shabrin, Nushrat et al.2017. Factors Affecting Smartphone Purchase Decisions of Generation-Y. The Journal of Contemporary Issues in Business and Government, 23 (1), Pp. 47 – 65.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI Offset.

_____________. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: ANDI Offset.

Trenggana, Arlin Ferlina Mochamad. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laptop Asus. Jurnal Indonesia Membangun. 17 (2), Pp. 174-184.

Article Metrics

Abstract view(s): 571 time(s)
PDF: 569 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.