Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Eco Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

                           PETUNJUK PENULISAN

 

  1. Jurnal eco rekayasa menerima naskah artikel dalam bidang ilmu Teknik Sipil dan Lingkungan yang belum pernah dipublikasikan dan dalam pertimbangan publikasi lain
  2. Naskah artikel berisikan hasil penelitian, kajian ilmiah secara luas.
  3. Naskah ditulis menggunakan kertas ukuran A4 dengan jumlah halaman antara 8 sampai dengan 10 halaman. Halaman di buat dengan 2 kolom dengan jarak kolom 5 mm. Lebar batas-batas tepi adalah 22,5 mm untuk batas atas batas kiri dan bawah sedangkan batas kanan 15mm. Lebar header dan footer masing-masing 12,5
  4. Judul naskah ditulis dalam bahasa Inggris diikuti di bawahnya dalam bahasa Indonesia di tengah-tengah naskah dengan 1 kolom. Judul dalam bahasa Inggris ditulis dengan huruf jenis Copperplate Ghothik Bold ukuran 10 kecuali huruf awal ukuran 14. Judul naskah dalam bahasa Indonesia dengan huruf jenis Capital Time New Roman Bold ukuran 10 kecuali huruf awal ukuran 14. Judul ditulis dalamsatu kolom.
  5. Nama penulis dituliskan tanpa gelar dengan jenis huruf Time New Roman 10 Bold. Alamat lengkap Instansi penulis dan email dituliskan dengan huruf Time New Roman 10 berada di bawah nama penulis dan di tengah-tengah halaman naskah
  6. Abstrak itulis dalam bentuk bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam satu kolom menggunakan huruf Time New Roman 10 Bold dengan jarak baris 1 spasi. Jumlah kata dalam tidak boleh lebih dari 300 kata. Anstrak berisikan latar belakang dan tujuan penelitian, cara penelitian/pemecahan masalah, dan hasil penelitian. Abstrak ditempatkan centris terhadapbatas kanan dan kiri naskah dengan indentation 1,5 cm tanpamenjorok pada awal kalimat.
  7. Kata-kata kunci terdiri dari 3-5 kata dipisah dengan tanda koma dan jenis huruf Time New Roman 10 Bold.
  8. Naskah dituliskan sesuai dengan tamplete yang telah disediakan
  9. Sitematika penulisan: bagian awal berupa judul, nama penulis, abstrak. Bagian utama berisi pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan saran. Bagian akhir ucapan terima kasih (bila perlu), dan daftar pustaka.
  10. Tabel ditulis rata kiri dengan judul berda di atas tabel. Gambar dibuat pada posisi tengah dengan format picture disertai judul di bawah gambar. Tabel dan Gambar diberi nomor urut. Persamaan diberikan nomor yang ditulis dalam tanda kurung diletakan rata kanan. Istilah asing ditulis dengan huruf miring (italic) dan harus konsisten untukseluruh naskah. Lambang (notasi) ditulis sesuai ketentual keilmuan.
  11. Daftar pustaka dituliskan dengan huruf (TNR) dengan jarak 1 spasi

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel adalah artikel yang belum pernah diterbitkan pada publikasi atau sebelumnya dan tidak dalam pertimbangan pada publikasi lain.
  2. Artikel ditulis dalam bentuk format MS-word dengan extension doc. Naskah artikel diketik pada ukuran kertas A4.
  3. Gambar dan grafik dalam bentuk picture.
  4. Judul, abstraksi, isi tulisan, daftar pustaka sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan
  5. Jumlah halaman artikel antara 8 sampai dengan 12 (lampiran tidak dihitung sebagai jumlah halaman). jika ada lampiran maksimal 5 halaman.
  6. Reviewer maupun penulis tidak saling mengetahui naskah siapa maupun siapa reviewernya.
 

Copyright Notice

Semua artikel yang telah diterbit menjadi secara penuh milik Jurnal ilmiah eco Rekayasa yang diterbitkan oleh Program Magister Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang telah dicantumkan dalam jurnal akan digunakan secara khusus untuk keperluan penerbitan jurnal dan tidak digunakan oleh orang lain dan kepentingan lain.