Pengembangan Website E-Arsip di Kantor Kelurahan Pabelan

Ari Gunanto(1*), Endah Sudarmilah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kantor kelurahan pabelan adalah kantor penyedia layanan Masyarakat di kelurahan Pabelan yang menyediakan berbagai surat-surat untuk membantu masyarakat di kelurahan pabelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan sebuah sistem pengarsipan yang mudah, cepat dan tepat dalam menyimpan surat-surat yang masuk ataupun keluar. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall, meliputi anilisa kebutuhan, perancangan, pengembangan, pengujian, implementasi dan perawatan. Hasil dari penggunaan sistem pengarsipan yaitu dapat mempermudah kantor dalam menyimpan dan mencari surat-surat yang masuk dan keluar di kantor kelurahan. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black-box dari 12 poin yang sudah diuji hasilnya semua valid.

Keywords

Arsip Elektronik; Website

Full Text:

PDF

References

Amalia, An Nisa Nur. dkk. 2019. Implementasi E-Document Dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar (Studi Kebijakan UU No. 11 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik di Bagian Umum Balai Kota Malang, Jawa Timur). Malang: Universitas Islam Malang.

Ismah, Ariqotul. 2019. Penilaian Kinerja Perangkat Desa Pebelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kartini. 2017. Sistem Informasi Administrasi Pengelolaan Surat di Organisasi Berbasis WEB. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Faisah, Nur. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Surat-Menyurat Di Kantor Kelurahan Layana Indah. Palu: FKIP Universitas Tadulako.

Rifauddin, Machsun. 2016. Pengelolaan Arsip Elektronik Berbasis Teknologi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Salsabila, Hanif., dan Endah Sudarmilah. Sistem Informasi Simpan Pinjam di Koprasi Pendidikan Wonogiri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyani, Sri. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah. Bandung: Abdi Sistematika.

Sovia, Rini., dan Jimmy Febio. 2011. Membangun E-Library Menggunakan HTML, PHP Script, dan MySql Database. Jambi: STIKOM Dinamika Bangsa.

Aziz, Berkah Akbar Nuryumil. dkk. 2019. Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Jurusan Elektro Politeknik Negri Malang Berbasis Web Melalui Jaringan Internet Polinema. Malang: Politeknik Negri Malang.

Ghozi, Muhammad., dan Dedy Irfan. 2018. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Arsip dan Disposisi Surat Berbasis Web di BPN Kota Padang. Padang: Universitas Negeri Padang.

Article Metrics

Abstract view(s): 3068 time(s)
PDF: 3196 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.