Alokasi Optimal Kapasitor Shunt dengan Fuzzy Dynamic Programming

Agus Ulinuha(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Sebuah pendekatan baru untuk menentukan lokasi dan ukuran optimal dari kapasitor shunt pada sistem distribusi dengan distorsi harmonik adalah Pemrograman Dinamik Fuzzy. Untuk menentukan lokasi optimal kapasitor dengan Pemrograman Dinamik Fuzzy, rugi daya nyata, simpangan tegangan dan distorsi harmonik, semuanya dinyatakan dalam himpunan fuzzy. Permasalahan dirumuskan untuk meminimalkan rugi daya nyata dan biaya (harga) Kapasitor dengan mematuhi kekangan berupa batas-batas tegangan dan distorsi harmonik total. Sebuah algortima sederhana yang didasarkan pada konsep himpunan fuzzy digunakan untuk·menentukan solusi optimal. Metoda ini diharapkan memberikan kemudahan dalam menemukan solusi optimal dengan menghilangkan banyak jalur penelusuran yang tidak berguna.

Keywords

Logika fuzzy; pemrograman dinamik; distrosi harmonik; daya reaktif; penempatan kapasitor

Full Text:

PDF

References

Bae, Y.G., 1978, Analytical Method of Capacitors Allocation on Distribution Primary Feeders, IEEE Trans.Power.Appar.Syst., PAS-97, PP. 1232-1238.

Burden, R.L. dan Faires, J.D., 1985, Numerical Analysis, Prindle, Weber and Schmidt, Boston, MA, 3rd edn.

Chen,, C.S., dan Yan, Y.H., 1992, Optimal Capacitor Placement for Power Sytems with non Linear Loads, Int.Journal Electr.Power Energy Syst., PP. 381-392.

Grainger J.J., dan Lee, S.H., 1981, Optimal Size and Location of Shunt Capacitor for Reduction of Losses in Distribution Feeder, IEEE Trans Power Appar. Syst., PAS.100, PP. 1105-1118.

Kaplan, M., 1984, Optimization of Number, Location, Size, Control, Type and Control Setting of Shunt Capacitors on Radial Distribution Feeders, IEEE Trans.Power.Appar.Syst., PAS-103 PP. 2659-2665.

Schmill, J.V., 1965, Optimum size and Location of Shunt capacitors ,on Distribution Feeders, IEEE, Trans.Power.Appar.Syst., PAS-84, PP. 825-832.

Article Metrics

Abstract view(s): 169 time(s)
PDF: 82 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.