PEMANFAATAN SPYWARE UNTUK MONITORING AKTIVITAS KEYBOARD DALAM JARINGAN MICROSOFT WINDOWS

Mulki Indana Zulfa, Erfan Subiyanta

Abstract

Pengawasan terhadap penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan terlebih semakin berkembangnya ilmu tentang pembuatan virus, worm, atau spyware. Memasang antivirus bisa juga menjadi solusi untuk mencegah virus masuk ke dalam jaringan atau sistem komputer. Tetapi antivirus tidak bisa melakukan monitoring terhadap aktivitas user contohnya aktivitas keyboard.

Keylogger adalah perangkat lunak yang mampu merekam segala aktivitas keyboard. Keylogger harus diinstal terlebih dahulu terhadap target komputer (client) yang akan direkam aktivitas keyboard-nya. Kemudian untuk mengambil file hasil rekamannya, file log, harus mempunyai akses fisik ke komputer tersebut dan hal ini akan menjadi masalah jika komputer target yang akan dimonitoring cukup banyak.

Metode control keylogger-spy agent dengan memanfaatkan teknologi spyware menjadi solusi dari masalah tersebut. Spy agent akan secara aktif merekam aktivitas keyboard seseorang. File log yang dihasilkan akan disimpan didalam cache-nya sehingga tidak akan menimbulkan kecurigaan user dan tidak perlu mempunyai akses fisik jika ingin mengambil file lognya. Control keylogger dapat menghubungi spy agent mana yang akan diambil file lognya. File log yang berhasil diambil akan disimpan dengan baik di komputer server. Dari hasil pengujian lima komputer yang dijadikan target spy agent semuanya dapat memberikan file log kepada control keylogger.

Keywords

keylogger, control keylogger-spy agent, microsoft winsock control

References

Darmal, Achmad, 2007, “Computer Worm 1”, Jasakom, Jakarta.

Darmal, Achmad, 2007, “Computer Worm 2”, Jasakom, Jakarta.

Saputra, Johan, 2005, “Eksplorasi Kekuatan WIN-32 API dengan Visual Basic”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

S’to, 2007, ”Seni Teknik Hacking 2”, Jasakom, Jakarta.

S’to, 2009, “CEH Certified Ethical Hacker 200% Illegal”, Jasakom, Jakarta.

Wardana, Ari, 2006, “Pemrograman Virus dan Spyware”, Jasakom, Jakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 222 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 238 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.