DESAIN DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DI PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 CIREBON DENGAN MODULAR OBJECT ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT

Vidya Ikawati

Abstract

Meningkatnya jumlah jaringan internet membuat dampak yang cukup berarti untuk bidang pendidikan. Dimana pada dasarnya pendidikan adalah proses komunikasi antara pendidik kepada peserta didik. Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah kehadiran mahasiswa semakin sedikit dibandingkan dengan proses pendidikan berpuluh tahun yang lalu. Oleh karena itulah perlu dibuat alternatif media pembelajaran sebagai komplemen pembelajaran di kelas. Program Studi Teknik Elektro UNTAGCirebonsebagai salah satu penyelenggara pendidikan diIndonesiaberupaya mengatasi masalah ini dengan membuat media pembelajaran berupa e-learning yang proses pembuatannya berbasiskan Moodle dan MySQL.

Keywords

e-learning, Moodle, MySQL

References

Koran, Jaya Kumar C. (2002), Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan pembelajaran di Sekolah Malaysia. (8 November 2002).

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda karya

Soekarwati., (2000), Prospek Pembelajaran Melalui Internet, Makalah Seminar Teknologi Kependidikan, UT Pustekkom dan IPTPI, Jakarta

Soekartawi, (2003) Prinsip Dasar E-Learning: Teori Dan Aplikasinya Di Indonesia, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003.

Utomo, Junaidi. (2001). Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi, Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 256 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 92 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.