STUDI KELAYAKAN POTENSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO DI DESA SETREN KECAMATAN SLOGOIMO KABUPATEN WONOGIRI

Ari Maghfur Dimyati

DOI: https://doi.org/10.23917/emitor.v15i2.2054

Abstract

Energi listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam usaha meningkatkan mutu kehidupan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Keterbatasan penyediaan energi listrik merupakan salah satu hambatan dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Secara umum di daerah  daerah pegunungan mempunyai potensi energi air yang besar.  Pembangkit listrik mikrohidro adalah salah satu pembangkit energi listrik terbarukan, efisien, praktis, dan ramah lingkungan.

Saat ini energi kelistrikan di desa Setren belum bisa dinikmati oleh semua masyarakat desa setren, hal ini masih dijumpai 7 rumah yang belum berlangganan energi listrik ke PLN, biaya merupakan faktor utama yang dikeluhkan oleh masyarakat tersebut. Jika dilihat kondisi melimpahnya air yang ada di desa setren sepanjang tahun maka perlu kajian terkait potensi air untuk dibangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh). Maka dari itu penelitian ini bertujuan melakukan studi kelayakan PLTMh.

Metode penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu survey lokasi untuk mengumpulkan data primer dari warga sekitar. Tahap berikutnya adalah mengukur debit air dengan cara mengukur kecepatan air, dan pengukuran head, dan tahap akhir adalah mendesain dan menganalisa potensi kapasitas PLTMh yang dapat dibangun.

Hasil survey yang diperoleh selama melakukan studi kelayakan PLTMh di desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri memperoleh hasil yang sesuai, pada lokasi tersebut memiliki potensi yang layak untuk di bangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh). Potensi yang ada mampu menghasilkan daya berkapasitas 1 x 20 Kw. PLTMh yang dirancang menggunakan Crossflow dan Generator Induksi berkapasitas 25 Kw.

 

Keywords

Kata kunci : PLTMh,Mikrohidro, debit,generator, head

Full Text:

PDF

References

Damastuti, Anya P. Mei – juni 1997. “Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro”. WACANA No. 8 .hlm. 11 & 12.

Endy Sjaiful Alim dan Hary Ramza. 2009.”Impementasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrihidro (PLTMh) di Pesantren Latansa Kampung Parakan Santri Kabupaten Lebak – Banten”. Teknik Elektro Fakultas Teknik, UHAMKA Jakarta.

Marte, Mochamad. 2010. “Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Menggunakan.

Turbin Francis di Bendungan Banjir Kanal Barat Semarang”. Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Semarang.

Sudargana, dkk. 2003. “Studi Kelayakan PLTMh di Sungai Sorosido Dukuh Pekuluran Desa Sidoharjo Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan”. Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro Semarang

Article Metrics

Abstract view(s): 1446 time(s)
PDF: 1528 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.